Bitung miliki laboratorium periksa COVID-19

Bitung miliki laboratorium periksa COVID-19

Maurits Mantiri (1)

Manado (ANTARA) - Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya memiliki laboratorium untuk pemeriksaan Coronavirus disease 2019 (COVID-19).

"Kita bersyukur Kota Bitung akhirnya memiliki laboratorium yang dijanjikan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey," kata Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, di Bitung, Selasa.

Dia mengatakan akan segera mengoperasikan alat GeneXpert untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19 di RSUD Kota Bitung.

Ia mengatakan alat tersebut resmi dioperasikan dengan PCR (TCM) dengan alat GeneXpert untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19.

Baca juga: Pelindo IV aktifkan layanan bongkar muat Pelabuhan Bitung

Baca juga: Pencegahan penyebaran COVID-19 disosialisaskan Lantamal III


Kepala RSUD Kota Bitung, dr Pitter Lumingkewas mengatakan, laboratorium akan langsung beroperasi dengan kemampuan memeriksa sampel usap (swab) menggunakan metode PCR.

“Dalam satu jam, laboratorium dapat memeriksa empat sampel dan ruangan lab juga sudah lengkap dan semua fasilitas mengikuti protokol COVID-19,” kata Pitter.

Dengan beroperasinya laboratorium itu, kata dia, dirinya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandou dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Debby Kalalo yang telah membantu menyiapkan fasilitas laboratorium.

“Juga kepada Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri yang ikut melobi agar RSUD Kota Bitung bisa memiliki laboratorium sendiri mendeteksi COVID-19 dengan cepat di Kota Bitung,” katanya.

Satgas COVID-19 Sulut melalui Juru Bicara, dr Steaven P Dandel MPH merilis 20 kasus positif di Sulut.

Dengan demikian, akumulatif kasus terkonfirmasi positif menjadi 1.680 kasus.

Adapun pasien sembuh secara kumulatif 391 orang dan meninggal dunia kumulatif 106 kasus. Untuk ODP 342 orang dan PDP 244 orang.*

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kabar baik, tiga pasien COVID-19 di Jayapura sembuh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar