San Salvador (ANTARA News/Reuters) - Topan Ida menerjang Teluk Meksiko, Ahad, tempat ladang minyak penting terletak setelah menimbulkan banjir dan tanah longsor yang menewaskan 124 orang di El Salvador.

Ida diperkirakan melemah secara berangsur, Senin, ketika menuju ke beberapa fasilitas produksi minyak dan gas di Teluk Meksiko bagian tengah, kata Pusat Topan Nasional Amerika Serikat.

Badai itu mencapai kekuatan topan kembali Sabtu dan menguat menjadi topan kategori 2, Ahad, dengan kecepatan angin mendekati 165Km per jam, kata pusat topan yang berpusat di Miami pada pukul 22:00 waktu setempat (pukul 10:00 WIB).

Beberapa perusahaan energi di Teluk Meksiko mengevakuasi para pekerja dari anjungan lepas pantai dan beberapa produser besar menutup sejumlah tempat produksi minyak dan gas sebagai tindakan berjaga-jaga.

Pelabuhan Minyak Lepas Pantai Louisiana, satu-satunya terminal di Amerika Serikat yang mampu menangani kapal tangki paling besar mengatakan pihaknya akan menghentikan pembongkaran minyak dari kapal karena gelombang besar.

Seperempat minyak AS dan 15 persen gas alamnya diproduksi dari ladang di Teluk Meksiko dan pantai adalah tempat 40 persen kapasitas kilang negara itu.

Di El Salvador, air sungai meluap dan lereng bukit ambruk akibat hujan yang tiada henti setelah topan Ida, memutuskan hubungan daerah pegunungan negara itu.

Pemerintah El Salvador mengatakan 124 orang tewas ketika tanah longsor dan banjir menghancurkan rumah mereka.

Daerah tanaman kopi di negara Amerika Tengah itu tidak terkena dampak terburuk dari banjir itu tetapi asosiasi kopi nasional tidak menghitung kemungkinan kerusakan terhadap panen.

Pusat topan mengeluarkan satu peringatan topan bagi daerah Pascagoula, Mississippi, sampai Indian Pass, Florida, yang berarti kondisi topan diperkirakan dapat mencapai daerah itu dalam 24 jam.

Peringatan badai tropis diberlakukan untuk daerah Louisiana dan Mississippi termasuk kota New Orleans, yang masih belum pulih akibat Topan Katrina tahun 2005.

Gubernur Louisiana Bobby Jindal mengumumkan keadaan darurat, Ahad, yang mengizinkan pemerintah mengerahkan pasukan dan para pekerja penyelamat.

Jika Ida menurunkan hujan di Louisiana itu akan merupakan badai pertama yang menyerang negara bagian itu sejak Topan Gustav, September 2008.

Topan Ida melintasi daerah wisata Cancun, Meksiko, Ahad, tetapi tidak menimbulkan kerusakan besar di kota itu.

Sekitar 1.000 orang diungsikan dari Pulau Holbox Meksiko, satu daerah penangkapan ikan yang terpencil dan tempat berlindung ribuan flamingo dan burung eksotik lain yang terletak di barat-laut Cancun.

Badai tropis Ida pertama kali berubah menjadi topan, Kamis, di lepas pantai Karibia, Nikaragua, tempat hujan lebat memaksa lebih dari 5.000 orang mengungsi.

Tanaman kopi negara itu tidak secara langsung terpengaruh akibat topan itu, kata dewan kopi lokal.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009