Jakarta (ANTARA News) - Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan bertemu Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan di perempat-final Hong Kong Terbuka, Jumat, setelah kedua pasangan berjuang meraih kemenangan pada babak 16 besar.

Unggulan pertama Kido/Hendra bangkit dari kehilangan "game" pertama di Queen Elizabeth Stadium, Kamis malam, untuk mengalahkan Cho Gun Woo/Shin Baek Cheol dari Korea 18-21, 21-12, 21-12.

Sementara Alvent/Hendra yang menjadi unggulan keenam dipaksa bermain selama 54 menit oleh pasangan India Rupesh Kumar/Sanave Thomas sebelum menang 21-17, 17-21, 21-13.

Kedua pasangan tersebut merupakan wakil Indonesia yang tersisa di ganda putra setelah pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama disingkirkan unggulan kedua Koo Kien Keat/Tan Boon Heong 21-18, 21-23, 21-18, dan Luluk Hadiyanto/Joko Riyadi dipukul unggulan delapan Choong Tan Fook/Lee Wan Wah 21-7, 21-13.

Dua ganda Malaysia tersebut, Kien Keat/Boon Heong dan Tan Fook/Wan Wah, akan saling berhadapan untuk memperebutkan tempat di semifinal.



Final Super Series

Sementara itu, kota Johor Baru di Malaysia, terpilih sebagai tuan rumah turnamen tutup musim Final Masters Super Series pada 2-6 Desember.

Johor, negara bagian Malaysia yang berbatasan dengan Singapura, juga pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia sejak 2006 hingga 2008, sehingga tempat kompetisi berlangsung sudah dikenal oleh para pemain.

Super Series adalah sirkuit yang terdiri atas 12 rangkaian turnamen dengan minimal hadiah 200.000 dolar AS pada setiap turnamen. Untuk Final, hadiah totalnya adalah 500.000 dolar AS dengan juara tunggal putra dan putri masing-masing akan mengantungi 40.000 dolar AS.

"Sekali lagi, kami ingin menunjukkan perhargaan kami kepada BAM yang telah memenuhi tantangan untuk menyelenggarakan Final Masters dan kami senang mengumumkan bahwa Johor Baru adalah tempatnya," kata Chief Operating Officer BWF Thomas Lund dalam siaran pers, Kamis.

Format Final Masters tetap tidak berubah dengan delapan pemain/pasangan peringkat teratas dalam ranking Super Series, lolos ke Final. Namun setiap negara (Asosiasi) dibatasi maksimal dua pemain/pasangan untuk setiap nomornya.

Turnamen tersebut akan membagi pemain ke dalam grup yang akan bertanding secara "round robin" dengan juaranya maju ke semifinal. Final akan digelar Minggu (6/12).

Beberapa pemain Indonesia yang saat ini masuk delapan peringkat teratas dalam ranking Super Series adalah Simon Santoso (peringkat tiga), Sony Dwi Kuncoro (6), Taufik Hidayat (7) dan Adriyanti Firadasri (7) pada nomor tunggal.

Pasangan juara Olimpiade Markis Kido/Hendra Setiawan (3) dan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan (8) pada ganda putra; Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari (6) dan Greysia Polii/Nitya Krishinda (7) pada ganda putra dan putri.

Adapun Nova Widianto/Liliyana Natsir (1) daN Devin Lahardi/Lita Nurlita (6) berpeluang mewakili Indonesia dalam turnamen tersebut pada ganda campuran.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009