Beijing (ANTARA News/AFP) - Mantan pemegang rekor dunia asal China Liu Xiang dengan mudah memenangi kejuaraan lari gawang 110m Asia, yang merupakan gelar ketiganya, dengan mencatat waktu 13,50 detik di bawah hujan di kota Guangzhou.

Juara Olimpiade Athena 2004 itu memimpin sejak awal, Kamis, untuk memenangi kompetisi keduanya sejak kembali dari operasi cedera otot achilles yang membuatnya keluar dari Olimpiade Beijing 2008.

"Saya berharap lari lebih kencang, tetapi karena cuaca hari ini, lebih baik untuk stabil," kata Liu kepada wartawan dalam wawancara usai lomba.

"Saya kira saya dalam kondisi cukup baik. Hari ini saya datang dengan sikap cukup santai," katanya.

Kemenangan tersebut otomatis meloloskan Liu ke Kejuaraan Dunia Atletik tahun depan.

Rekan setimnya Shi Dongpeng selesai di urutan kedua, sementara pelari Korea Selatan Park Tae-kyong meraih medali perunggu.

"Selama kakinya bisa sembuh sepenuhnya, saya yakin bahwa ia bisa kembali ke performa puncaknya -- paling tidak ia seharunya tidak punya masalah berlari di sekitar 13 detik," kata pelatih Liu Sun Haiping kepada wartawan.

Penampilannya itu jauh dari catatan terbaik Liu dan rekor dunia sebelumnya 12,88 dan lebih lambat dari 13,15 yang ia hasilkan September lalu ketika ia berakhir di urutan kedua di belakang pelari nomor dua dunia asal AS Terrence Trammell dalam lomba pertamanya setelah operasi.

Bulan lalu, pelari berusia 26 tahun itu memenangi kejuaraan 110m gawang nasional dalam "China Games", menang dengan waktu 13,34.

Bintang lari gawang itu akan berkompetisi pada Asia Timur Games bulan depan di Hong Kong sebelum mengawali latihan musim dingin dan menyiapkan diri untuk Kejuaraan "Indoor" Dunia di Doha pada Maret, kata Sun.

Usai lompa Kamis, mega-star itu melepas kausnya dan melemparkan ke tribun, yang mencetuskan pekik sambutan dari penonton.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009