Jayapura (ANTARA News) - Petinju Indonesia yang sudah punya nama besar di dunia tinju internasional, Chris John, menyatakan bahwa Provinsi Papua banyak menyimpan atlet tinju yang sangat berpotensi untuk mengukir prestasi.

"Saya melihat sudah ada bakat alam tinju dari pemuda Papua, tinggal bagaimana mengembangkan bakat yang sudah ada itu menjadi lebih mantap," kata Chris John di Jayapura, Jumat.

Menurut Chris John, jika ada keseriusan dari para atlit tinju yang ada di Papua untuk lebih mengoptimalkan potensi dan bakat alam yang sudah dimilikinya, akan menjadi kekuatan yang sangat bgesar dan berpeluang untuk menembus duia tinju profesional.

"Saya pikir semua itu kembali juga pada keseriusan semua pihak dan sponsor, misalnya pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih pada dunia tinju di Papua," ujarnya.

Juara dunia tinju dikelasnya itu mengatakan, dalam dunia tinju yang perlu dipegang adalah kegigihan dan ketekunan berlatih untuk menjadi yang terbaik.

"Jangan gampang berputus asa, serta harus punya mentall dan kemauan keras agar bisa berprestasi,"ujarnya.

Meski demikian, Chris John juga mengakui bahwa dewasa ini perkembangan dunia tinju profesional di Indonesia relatif lambat, terbukti dengan masih kurangnnya atlin tinju yang berprestasi hingga dunia internasional.

Lebih lanjut Chris John juga meminta kepada semua pihak terkait, agar lebih memberikan perhatian serius terhadap pemajuan olahraga tinju di Indonesia.

"Kalau peminatnya banyak, namun minim sponsor dan dukungan, tentu akan sulit pengembangannya," terangnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009