Singapura (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang pemerintah China untuk bekerjasama di bidang infrastruktur, demikian Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal di Hotel Marina Mandarin Singapura, Jumat sore, usai mendampingi Yudhoyono menerima Hu Jintao.

"Kedua pemimpin sepakat terus melakukan kerjasama ekonomi. Tapi Presiden juga mengundang pemerintah China bekerjasama di bidang infrastruktur," katanya.

Presiden, kata dia, juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas kerjasama pemerintah China membangun jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura.

"Ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang konkret antara kedua negara," katanya.

Dino mengatakan, kedua negara memiliki hubungan kerjasama yang baik selama hampir 60 tahun terakhir.

"Saya juga bisa katakan bahwa perdagangan Indonesia-China sudah melampaui target 30 miliar dolar AS pada 2008. Jadi, memang luar biasa sekali perkembangan dan potensi hubungan perdagangan dan invertasi Indonesia-China," paparnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan dwipihak antara Presiden Yudhoyono dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Kamis malam, Presiden juga mengundang pemerintah Singapura untuk berinvestasi di Indonesia.

Presiden Yudhoyono bertemu dwipihak dengan Presiden China Hu Jintao selama lebih kurang 30 menit menjelang pertemuan puncak Forum Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Singapura, 14-15 November.

Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Taurus Hotel Marina Mandarin, Singapura, tempat Presiden Yudhoyono dan delegasi APEC Indonesia menginap, Jumat sekitar pukul 15.15 waktu setempat.

Dalam pertemuan itu Presiden Yudhoyono memimpin delegasi Indonesia yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perindustrian M. Hidayat, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala BKPM Gita Wiryawan.

Pertemuan Yudhoyono - Hu Jintao adalah satu dari sejumlah pertemuan dwipihak yang akan dilakukan oleh Presiden di sela rangkaian pertemuan puncak APEC.

Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan menyelenggarakan pertemuan dwipihak dengan Perdana Menteri Papua Nugini Sir Michael Somare dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Kamis malam (12/11), Presiden melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Singapura SR Nathan, Menteri Senior (Minister Mentor) Lee Kuan Yew dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Kamis malam itu juga, Perdana Menteri Lee Hsien Loong menjamu delegasi Indonesia dalam sebuah jamuan santap malam di Istana dimana kedua kepala pemerintahan membahas upaya-upaya peningkatan hubungan baik kedua negara. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009