Polres Bangka Barat tanam bibit jambu mete hijaukan pesisir Mentok

Polres Bangka Barat tanam bibit jambu mete hijaukan pesisir Mentok

Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menanam ratusan bibit jambu mete di sejumlah lokasi di pesisir Mentok. ANTARA/Donatus D.P/am.

Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat terhadap kelestarian lingkungan
Mentok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menanam ratusan bibit jambu mete di sejumlah lokasi di pesisir Mentok untuk menghijaukan kawasan tersebut.

"Penanaman bibit jambu mete ini selain sebagai penghijauan kawasan pesisir juga sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Sabtu.

Baca juga: Dishut Babel rintis usaha masyarakat dengan memanfaatkan potensi hutan

Menurut dia, jambu mete memiliki beberapa keunggulan selain untuk penghijauan dan perindang kawasan pesisir, jenis tanaman itu juga memiliki nilai ekonomi tinggi dengan pemanfaatan buah dan kacang mete.

Penanaman bibit jambu mete tersebut terselenggara berkat kerja sama Polres Bangka Barat dengan Kantor KPHP Rambat Menduyung, Babel.

Baca juga: Polres Bangka Barat gelar sayembara tangkap pembakar lahan dan hutan

"Sebagai awal kegiatan, kami laksanakan penanaman ratusan bibit di kawasan Pantai Hitam, Mentok, kemudian dilanjutkan ke pesisir Desa Belolaut," katanya.

Selain melakukan penanaman bibit penghijauan tersebut, Kapolres bersama rombongan juga melakukan peninjauan objek wisata mangrove dan budi daya kepiting di Dusun Tanjungpunai.

Baca juga: Polres Bangka Barat sosialisasikan pencegahan karhutla

Sehari sebelumnya, Polres Bangka Barat bersama Polsek Jebus dan sekitar 200 orang warga perwakilan sejumlah desa di Kecamatan Jebus juga melaksanakan penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai Bembang.

Penanaman bibit tanaman mangrove di lokasi itu diharapkan bisa mencegah banjir dan abrasi seiring banyaknya tanaman yang sudah mulai lapuk dan rusak.

Baca juga: Cegah kebakaran lahan, diskusi berkala digelar di Bangka Barat

Penanaman pohon mangrove itu diharapkan bermanfaat bagi anak cucu di masa mendatang, dan akan dilakukan secara berkelanjutan di lokasi-lokasi yang dinilai kritis.

"Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat terhadap kelestarian lingkungan dan memberikan motivasi kepada warga di daerah itu untuk selalu menjaga kebersihan pantai agar semakin nyaman dikunjungi," katanya.

Baca juga: Kebakaran lahan terjadi di beberapa lokasi di Bangka Barat

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kodam XII Tanjungpura canangkan penanaman 5.000 pohon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar