Makassar (ANTARA News) - Rapat paripurna musyawarah daerah Partai Golkar ke VIII, Minggu di Makassar menetapkan Syahrul Yasin Limpo Sebagai ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Pimpinan rapat paripurna musda ke VIII Partai Golkar Nurdin Halid, mengatakan, terpilihnya Syahrul Yasin Limpo sebagai Ketua Golkar Sulsel sesuai dengan kesimpulan rapat pleno ke VI yang menyepakati pemilihan dengan cara musyawarah untuk mufakat.

Sedangkan pesaing Syahrul Yasin Limpo, Ilham Arief Sirajuddin ditetapkan sebagai bagian dari kepengurusan DPD I Sulsel Partai Golkar. Hasil keputusan musda ini disepakati dan disambut dengan tepuk tangan oleh seluruh peserta rapat paripurna.

Sebelumnya, kedua bakal calon ketua partai berlambang pohon beringin menyerahkan keputusan kepada forum untuk melaksanakan pemilihan secara musyawarah untuk mufakat.

Dalam rapat paripurna tersebut juga ditetapkan keputusan untuk menghapus tata tertib partai pada pasal 30 no 10 yang menyebutkan bahwa pemenang pemilihan ketua partai didukung oleh sekurang-kurangnya 30 persen pemegang suara.

Pemilihan secara musyawarah untuk mufakat diusulkan dalam peraturan dan tata tertib pemilihan ketua partai dengan melakukan penambahan pada pasal 34. Jika musyawarah untuk mufakat tidak memungkinkan untuk dilakukan maka dilakukan pemungutan suara.

Setelah penetapan ketua partai terpilih, peserta musda melanjutkan rapat untuk menentukan pengurus dengan menunjuk empat orang perwakilan sebagai formatur dipimpin oleh ketua partai terpilih.

Empat orang perwakilan terpilih masing-masing, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham wakil dari DPP, dua perwakilan dari DPD II dari Selayar dan Pare pare, dan satu perwakilan dari organisasi pendiri dan sayap.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009