Berlin (ANTARA News/AFP) - Mercedes pada Senin membeli saham mayoritas tim juara dunia Formula Satu, Brawn GP, dalam suatu langkah yang kemungkinan akan membuat Jenson Button bergabung dengan McLaren musim mendatang.

Pabrik mobil raksasa Jerman itu, yang telah mengambil 75 persen saham di tim Ross Brawn itu, akan diberi nama baru Mercedes GP, demikian pengumuman bos pabrik itu, Dieter Zetsche.

Ketua Tim Ross Brawn, yang mengambil alih tim tersebut setelah para mantan pemilik Honda mundur dari Formula Satu pada akhir 2008, diduga akan tetap pada peranannya.

Tetapi, masa depan para pembalapnya tidak menentu.

Tim baru tersebut diduga akan mendukung Nico Rosberg sebagai pembalap nomor satu mereka, suatu langkah yang akan menjadi populer di Jerman, dengan rekan satu negaranya Nick Heidfeld kemungkinan menjadi partnernya.

Pembalap belum ditetapkan, meskipun pada Minggu Bos Mercedes Sports, Norbert Haug, mengungkapkan bahwa ia sedang berusaha menjamin Heidfeld, yang menjadi pembalap BMW sejak 2006.

"Kami juga sedang berbicara dengan Nick Heidfeld," kata Haug.

"Mercedes-Benz mendukung gagasan merekrut pembalap Jerman yang mampu dan berpengalaman. Tetapi, tidak ada alasan untuk menyelesaikan masalah pembalap itu secara terburu-buru."

Juara dunia Button, yang Jumat lalu mengunjungi markasbesar McLaren, kemungkinan akan menjadi pembalap tim Inggris itu untuk berdampingan dengan juara 2008, Lewis Hamilton, tahun depan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009