Kabul (ANTARA News/Reuters) - Lima warga sipil tewas dan 28 orang yang lain terluka ketika gerilyawan Taliban menembakkan tiga roket ke sebuah pasar yang sibuk di Afghanistan timurlaut Senin, polisi Afghanistan mengatakan.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional pimpinan-NATO memastikan serangan itu dan mengatakan dalam satu pernyataan, mereka memiliki laporan awal bahwa empat warga Afghanistan tewas dan lebih dari 40 orang yang lain terluka.

Tidak ada tentara NATO yang tewas, ujarnya.

Jenderal Matiullah Safi, kepala polisi provinsi Kapisa, menytakan roket buatan-China itu menyerang pasar yang penuh sesak di lembah Tagap, sekitar 75 Km di timurlaut ibukota Kabul.

Di provinsi Farah di Afghansitan barat, sementara itu, gerilyawan Taliban menculik dan memenggal dua warga Afghanistan, termasuk seorang sesepuh suku, Ahad, "karena membantu pemerintah", kata kepala provinsi Faqir Ahmad Askar.

Taliban telah menangkap lima orang tapi membebaskan tiga orang, ia menjelaskan.

Beberapa provinsi di bagian barat dan utara Afghanistan yang sebelumnya tenang telah menyaksikan peningkatan dramatis dalam kegiatan gerilyawan dalam beberapa pekan belakangan ketika Taliban memperluas pengaruhnya di luar kubu kuatnya di selatan dan timur.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009