Jakarta (ANTARA News) - Menpora Andi Mallarangeng mengharapkan agar setiap BUMN memberikan dukungan terhadap satu cabang olahraga agar pembinaan bisa berjalan secara langgeng.

"Saya sudah bicarakan dengan Presiden agar tiap satu BUMN bisa mendukung satu cabang olahraga secara intensif. Mudah-mudahan hal ini mendapat sambutan positif," ujar Andi Mallarangeng di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan Andi Mallarangeng usai pertandingan final ganda putra yang dimenangkan Christopher Rungkat/Nesa Arta 6-3, 6-1 atas Andrian Raturandang/David Agung Susanto yang merupakan partai final terakhir digelar di komplek Hotel Sultan Jakarta.

Andi Mallarangeng beserta Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar serta Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo didampingi Ketua Umum PB Pelti Martina WIjaya menyerahkan piala dan hadiah kepada para juara.

Kepada para juara, Andi mengimbau agar Christopher Rungkat dan kawan-kawan tidak cepat berpuas diri hanya dengan menjuarai turnamen atau kompetisi setingkat nasional.

"Saya minta kalian jangan berpuas diri hanya menang di kancah nasional. Kalau bisa kalian berprestasi di tingkat internasional, karena sudah saatnya Indonesia mengukur prestasinya di dunia internasional," ujar Andi Mallarangeng yang kemudian menutup Turnamen Garuda Indonesia Tennis Masters 2009 ini.

Mengenai keterlibatan BUMN dalam mendukung olahraga, Andi mempersilakan sendiri kepada BUMN yang bersangkutan untuk memilih cabang mana yang dikehendaki.

Sebab, lanjutnya, atlet tidak bisa "turun dari langit" melainkan harus dibina dan diasah melalui sebuah proses yang panjang.

"Silahkan mencari "jodoh" sendiri-sendiri. Keterlibatan BUMN secara lebih efektif itu kita mungkin baru akan bisa bergerak dan melihatnya untuk menghadapi SEA Games 2011 saat kita menjadi tuan rumah. Kalau untuk berprestasi di SEA Games 2009 Laos mungkin kita masih meraba-raba," ujarnya.

Andi menambahkan, meskipun tidak bisa menyaksikan pertandingan final karena kesibukannya sebagai menteri, ia menyatakan sangat gembira Garuda Indonsia demikian eksis mensponsori turnamen tenis Sportama.

Andi menyatakan sangat senang olahraga tenis bisa berjalan terus dengan pembinaan dan pelatihan yang rutin, namun ia juga berharap para insan tenis bisa mempertahankan tradisi perolehan medali emas di ajang SEA Games, Asian Games dan di Olimpiade.

"Kita semuanya berharap tradisi perolehan medali emas bisa berlanjut dan mewarnai ajang internasional. Sudah sepantasnya olahraga juga berprestasi internasional seperti halnya di bidang-bidang lain karena kita sudah termasuk anggota G-20," ujarnya menambahkan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009