Formula 1

McLaren gandeng sponsor baru jelang Grand Prix Britania

McLaren gandeng sponsor baru jelang Grand Prix Britania

Pebalap McLaren Carlos Sainz di Grand Prix Styria, Red Bull Ring, Austria (12/7/2020) Darko Bandic/Pool via Reuters

Jakarta (ANTARA) - McLaren kembali menggandeng Gulf Oil sebagai sponsor tim mereka di Formula 1 dan juga brand mobil mewahnya setelah pada Selasa mengumumkan kemitraan baru mereka dengan perusahaan minyak itu jelang Grand Prix Britania.

Kemitraan itu menggabungkan kembali dua brand yang ikonik di dunia balap yang telah meraih sejarah panjang kesuksesan bersama.

"Kami senang menyambut Gulf kembali ke McLaren dan menggabungkan dua brand ikonik ini kembali dalam kemitraan yang baru dan menyenangkan. Gulf adalah bagian dari sejarah McLaren dan terkenal karena inovasi dan keahlian teknisnya di industri, yang sejalan sempurna dengan McLaren," kata CEO McLaren Racing Zak Brown di laman resmi tim.

Baca juga: McLaren siapkan MCL35 untuk pertarungan ketat papan tengah F1 2020

Kemitraan Gulf dan McLaren dimulai pada 1986 hingga musim 1973, di mana keduanya menikmati kesuksesan baik di Formula 1 maupun seri Can-Am dengan mengemas lebih dari 40 kemenangan balapan.

Kerja sama mereka berlanjut pada tahun 1990-an di balapan ketahanan Le Mans 24 Hours, di mana mobil McLaren F1 GTR yang legendaris dibalut dengan livery warna Gulf selama dekade itu.

Logo Gulf akan terpampang di bagian tutup mesin dan kaca spion mobil McLaren MCL35 di Grand Prix Britania yang akan digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris akhir pekan ini, selain menghiasi seragam baru tim dan pebalap.


Sebelumnya McLaren bermitra dengan perusahaan minyak asal Brazil Petrobas, yang mengakhiri kontrak mereka akhir tahun lalu.

Setelah tiga Grand Prix di musim F1 yang sempat tertunda pandemi virus corona, McLaren telah membawa Lando Norris ke peringkat empat klasemen pebalap dengan raihan 26 poin sedangkan Carlos Sainz di peringkat sembilan, terpaut 11 poin dari rekan satu timnya itu.

Baca juga: Lando Norris sempat pulang ke Inggris untuk perawatan sakit punggung
Baca juga: Sainz ingin hasil terbaik bagi McLaren sebelum hijrah ke Ferrari


Sementara itu, jelang balapan di kandangnya, Lewis Hamilton memimpin klasemen dengan 63 poin, mengungguli rekan satu timnya di Mercedes, Valtteri Bottas dengan lima poin.

Sedangkan Max Verstappen dari tim Red Bull di peringkat tiga dengan 33 poin.

Baca juga: Formula 1 tambah tiga balapan Eropa di kalender 2020
Baca juga: Hamilton tampil dominan untuk juarai GP Hungaria ke-8 kalinya
Baca juga: Formula 1 laporkan dua kasus positif COVID-19

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar