Karawang (ANTARA News) - Angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin malam kemarin telah merusakkan ratusan rumah dan menumbangkan puluhan pohon di dua desa di daerah itu.

Rumah-rumah yang rusak berada di Desa Sukamekar, Kecamatan Jatisari dan Desa Sindang Mukti, Kecamatan Kutawaluya, Karawang.

Salah seorang warga Desa Sukamekar, Santosa (32), ditemui Selasa mengatakan, angin puting beliung terjadi ketika hujan deras melanda. Beberapa saat setelah hujan deras, kemudian angin merusak rumah dan menumbangkan pohon.

"Saya panik saat muncul angin puting beliung dan langsung berlindung ke tempat yang aman. Angin puting beliung terjadi dalam waktu sekitar lima menit," kata Santosa.

Dari pantauan ANTARA di lokasi kejadian, tampak beberapa rumah roboh, sementara sebagian besar lainnya gentengnya berhamburan tertiup angin, termasuk atap gedung sekolah.

Pada Selasa siang, masyarakat yang menjadi korban langsung merapikan rumahnya dan memasang genteng kembali. Pohon-pohon yang tumbang juga sudah dipotong dan dirapikan.

Mereka yang rumahnya roboh sementara mengungsi ke rumah saudaranya.

Kepala Dinas Sosial Karawang, Banuara Nadeak, mengatakan, ia bersama Wakil Bupati Eli Amalia Priatna sudah memantau kondisi daerah yang diterjang angin puting beliung sekaligus memberi bantuan kepada para korban.

"Kami sudah mengirimkan bantuan logistik kepada para korban puting beliung, seperti bantuan beras, mie instan, air mineral, dan lain-lain. Jadi, kami cukup tanggap darurat," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009