Jakarta (ANTARA News) - Ratusan orang yang tergabung kelompok Gerbang Indonesia berunjukrasa di depan Kantor PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) di Jakarta Pusat, Selasa, mendesak lembaga negara tersebut untuk membuka secara transparan tentang aliran dana talangan Bank Century.

Koordinator Gerbang Indonesia Karyono mengatakan, aksi unjukrasa damai tersebut dimaksudkan agar PPTAK berani mengungkap seluruh aliran dana Bank Century demi kebenaran dan keadilan yang didambakan rakyat Indonesia.

"Kini perhatian publik mengarah kepada PPATK. Karena lembaga inilah yang berwenang mengungkapkan semua transaksi keuangan negara yang telah diselewengkan, termasuk skandal Bank Century," katanya.

Dalam aksinya, kelompok tersebut menyampaikan pernyataan sikap, antara lain mendesak kepada PPATK agar berani tanpa harus takut untuk membongkar seluruh aliran dana talangan Bank Century sampai tuntas demi supremasi hukum dan keadilan.

Mereka juga mendesak PPATK untuk melaporkan aliran dana Bank Century yang sebenarnya ke instansi yang berwenang dan menyampaikan juga dihadapan publik, serta menuntut agar semua oknum yang terlibat diadili ke pengadilan demi tegaknya supremasi hukum tanpa tebang pilih dan siap memberikan dukungan moral dan perlindungan kepada PPATK.

Dalam aksi yang berjalan tertib itu, juga ditandai penyerahan secara simbolis produk jamua kuat dan pernyataan sikap dari Gerbang Indonesia kepada staf sekretariat PPATK.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009