Thousand Oaks, Kalifornia, (ANTARA News) - Absenya secara mencolok tuan rumah turnamen Tiger Woods dari turnamen "Chevron World Challenge" minggu menjadi pembicaraan hangat di antara pemain yang sedang melakukan persiapan menjelang upacara pembukaan Kamis mendatang.

Pegolf nomor satu dunia Woods menarik diri dari event itu Senin, dengan alasan sedang mengalami cedera dalam kecelakaan mobil misterius di Florida minggu lalu dan ketidakhadirannya pada turnamen itu digambarkan amat mengecewakan oleh teman-temannya, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

"Ini benar-benar memalukan," kata pegolf nomor satu Eropa dan nomor empat dunia, Lee Westwood, kepada Reuters dalam wawancara di lapangan Sherwood Country Club, Selasa.

"Ini memalukan bagi turnamen, memalukan bagi sponsor dan memalukan bagi Tiger sendiri, karena saya yakin ia amat mendambakan dapat hadir di sini," katanya.

"Rasanya aneh tanpa kehadirannya di sini, tetapi semua orang pasti mengerti amat sulit baginya bermain minggu ini karena begitu gencarnya pemberitaan terhadap dirinya," tambahnya.

Woods, pemain terbesar pada generasinya dan merupakan figur dikenal di seluruh dunia, menyita halaman media sejak ia menabrakkan mobilnya SUV ke pipa air pemadam kebaran dan pohon di depan rumah tetangganya Jumat dini hari.

Ia dinyatakan semberono mengendarai mobil oleh Patroli Jalan Raya Florida, Selasa, dan Padraig Harrington, juara tiga turnamen besar, mengatakan rasa ingin tahunya timbul karena maraknya liputan media massa mengenai kecelakaan mobil Woods itu.

"Saya menyukai cerita orang lain. Ketika saya di rumah, saya membaca tentang para pemain sepak bola dan saya membaca semua gosip tentang mereka," kata pemain dari Irlandia itu, "Tapi sekarang saya merasa terpukul."

"Tetapi saya seolah berada di ujung akhir dari tongkat golf itu dan menakjubkan mengikuti apa yang sedang terjadi saat ini," katanya.

Ketika ditanya apa yang mempengaruhi Woods yang juara empat kali di tempat itu, Harrington menjawab, "Saya kira pembicaraan hal ini akan hilang sendiri dari turnamen ini dalam beberapa hari ini."

"Ketika turnamen berlangsung, saya kira pembicaraan tentang siapa yang bermain bagus dan siapa yang menang. Turnamen akan berlangsung menarik. Tapi Tiger adalah bintang besar dalam turnamen itu. Ini merupakan event dia dan ia tidak akan tampil," katanya.

Juara AS Terbuka Lucas Glover menggambarkan absennya Woods sebagai hal yang disayangkan tetapi ia mengerti benar dengan keputusan pegolf nomor satu dunia itu untuk tidak keluar rumah minggu ini.

"Ia mengalami masalah pribadi yang harus dihadapinya dan butuh kekuatan untuk itu," kata pegolf Amerika, Glover, kepada Reuters,

"Ia butuh waktu mengurus dirinya sendiri dan kami gembira yayasannya tetap menyelenggarakan turnamen ini dan kami semua hadir di sini."

"Saya berharap ia bangkit lagi dan menjadi lebih baik, karena kami mengharapkannya ikut bertanding pada 2010," katanya.

Walau pun Woods tidak hadir di Sherwood sebagai tuan rumah, untuk pertama kalinya dalam satu dekade ini, turnamen itu tetap berjalan dengan baik, diikuti 11 dari urutan 20 besar pegolf dunia.

Di antara pesertanya adalah, juara empat turnamen besar -- Glover, juara Inggris Terbuka Stewart Cink dan pegolf dari Korea Selatan Yang Yong-eun, yang merupakan pegolf pertama Asia yang meraih gelar dalam Kejuaraan Championship.

Hasil dari turnamen itu akan diserahkan proyek "Tiger Woods Foundation" serta "Tiger Woods Learning Center" di Anaheim.

Para pemain yang akan tampil sebanyak 18 orang adalah: Stricker, Westwood, Harrington, Paul Casey, Kenny Perry, Jim Furyk, Martin Kaymer, Ian Poulter, Cink, Sean O`Hair, Glover, Anthony Kim, Camilo Villegas, Zach Johnson, Yang, Mike Weir, Justin Leonard dan Graeme McDowell.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009