Jakarta (ANTARA News) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dinilai sebagai salah satu indeks terbaik di dunia, dengan rata-rata nilai transaksi Rp4 triliun.

"Di tengah krisis, indeks kita meningkat 80 persen dengan rata-rata nilai transaksi Rp4 triliun per hari," kata Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany dalam Investor Summit (Temu Investor) dan Capital Market Expo 2009 di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, indikator tersebut dapat merupakan indikator optimistis dan tahun ini IHSG pulih dengan cepat, akibat market confidence (kepercayaan pasar) yang kembali dengan cepat.

Sementara guna melindungi aset nasabah dan investasi di pasar modal Indonesia, Fuad mengatakan, Bapepam-LK bekerja sama dengan penegak hukum dan self regulatory organization (SRO) membuat tiga cara.

Ia menjelaskan, tiga cara tersebut adalah membuat investor dapat memonitor investasinya, kemudian membuat investor single ID (kartu nomor tunggal investor) dan straight through processing (langsung bisa bertransaksi).

"Hal itu semua bertujuan untuk melindungi para investor itu sendiri," katanya.

Dalam Temu Investor ini sebanyak 28 emiten pada Rabu ini mulai memaparkan kinerja dan rencana strategis perusahaan ke depan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009