Kemarin, Bali sambut kembali wisatawan hingga proyek irigasi strategis

Kemarin, Bali sambut kembali wisatawan hingga proyek irigasi strategis

Petugas mengalungkan bunga untuk menyambut penumpang pesawat rute domestik yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (31/7/2020). Pemprov Bali mulai membuka sektor pariwisata bagi wisatawan domestik pada Jumat (31/7/2020) dengan sejumlah persyaratan yang mengedepankan aspek kesehatan dan kualitas untuk memberi perlindungan, kenyamanan, dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung selama masa pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pras.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi menghiasi pemberitaan sektor ekonomi pada Jumat (30/7) kemarin, mulai dari destinasi wisata Bali yang siap menyambut kembali wisatawan hingga tujuh proyek irigasi strategis besutan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Berikut lima berita ekonomi yang masih layak disimak dengan mengklik judul beritanya:

1. Menparekraf apresiasi Bali siap sambut wisatawan kembali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bali yang telah menyatakan diri siap menyambut kunjungan wisatawan kembali.

“Kini, Bali telah siap mengimplementasikan protokol kesehatan pada tatanan era baru. Karena itu, saya sangat berbahagia karena besok pariwisata Bali siap menyambut wisatawan nusantara kembali. Kami juga mengapresiasi langkah Bank Indonesia dalam penerapan digitalisasi di kawasan destinasi wisata berbasis QRIS,” ujar Wishnutama, Jumat.


2. Menteri Edhy: Pelestarian karang selaras pertumbuhan ekonomi pesisir

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan program pelestarian dan pengelolaan terumbu karang merupakan salah satu prioritas KKP karena hal tersebut dinilai selaras dengan laju pertumbuhan ekonomi kawasan pesisir.

"Nilai ini tidak semata-mata dari perikanan, namun juga diperoleh dari sektor pariwisata dan sektor lainnya yang berkaitan dengan perekonomian pesisir," kata Menteri Edhy dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.


3. PGN lanjutkan kesepakatan tahap keempat Kepmen ESDM

Perusahaan Gas Negara (PGN) melanjutkan penandatanganan Letter of Agrement (LoA) tahap ke-4 dengan mitra produsen hulu yang dilaksanakan oleh SKK Migas mengenai akselerasi pemulihan ekonomi nasional dalam bentuk implementasi Kepmen ESDM 89K/2020 dan Kepmen 91K/2020.

Kebijakan tersebut memberikan ruang lebih kepada industri tertentu dan sektor kelistrikan untuk menikmati harga gas yang lebih murah dan membantu efisiensi penggunaan energi di proses produksi.


4. Peneliti: Pemulihan ekonomi pascapandemi butuh kontribusi perempuan

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies, Nadia Fairuza menyatakan, kontribusi perempuan diperlukan dalam upaya memulihkan perekonomian nasional setelah masa pandemi berlalu.

"Perempuan menjadi pihak yang terdampak secara tidak proporsional karena mereka tersebar di banyak kelompok rentan dan kelompok terdampak pandemi, baik sebagai seorang tenaga kerja maupun sebagai seorang perempuan yang penghasilannya bergantung pada kepala keluarga," kata Nadia Fairuza dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.


5. Kementerian PUPR bangun tujuh proyek irigasi strategis

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun tujuh irigasi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong pemulihan ekonomi usai pandemi COVID-19.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR telah membangun banyak bendungan di berbagai daerah dan selanjutnya akan diikuti dengan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Erick Thohir dorong masyarakat berwisata lokal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar