Kami estimasi jumlah pengunjung signifikan itu pada akhir pekan terakhir libur Lebaran.
Tabanan, Bali (ANTARA) - Pengelola Kebun Raya Eka Karya di Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, menghadirkan sejumlah program wisata, salah satunya bazar kuliner untuk menyemarakkan libur Lebaran 2024.

“Kami estimasi jumlah pengunjung signifikan itu pada akhir pekan terakhir libur Lebaran,” kata General Manager Corporate Communication Mitra Natura Raya (MNR) Zaenal Arifin selaku mitra pengelola Kebun Raya Bedugul, Bali, di Tabanan, Jumat.

Selain kuliner, ada juga fesyen dan tanaman hias, kelas edukasi kebun raya, dan program untuk pengunjung anak-anak yang dibuka hingga 14 April 2024.

Untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan, Zaenal menambahkan pihaknya menambah lima hingga tujuh titik loket tiket, yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan untuk mengurai kepadatan pengunjung.

“Penambahan itu melihat situasi sehingga kami antisipasi dengan penambahan titik ticket box lima hingga tujuh titik sehingga bisa mengurai antrean pengunjung yang diperkirakan membeludak pada satu waktu kedatangan,” katanya.

Baca juga: Bunga bangkai raksasa mekar sempurna saat libur lebaran

Ia memperkirakan lonjakan pengunjung terjadi pada akhir pekan ini atau pada Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4) karena merupakan akhir pekan terakhir sebelum libur Lebaran dan cuti bersama selesai pada 15 April 2024.

“Kami proyeksi jumlah pengunjung (libur Lebaran) bisa dua kali lipat, secara jumlah itu kami target 10 ribu atau dua kali dari kunjungan akhir pekan,” imbuhnya.

Untuk mempercepat dan memberikan kemudahan kepada pengunjung, ia mengajak masyarakat untuk membeli tiket melalui laman kebunraya.id.

“Jadi tinggal scan barcode, bisa langsung masuk tidak perlu antre beli tiket manual,” katanya.

Baca juga: Pengelola KBS prediksi puncak kunjungan libur lebaran pada 14 April

Berdasarkan informasi harga tiket yang tertera pada laman kebunraya.id, harga tiket masuk untuk perorangan mencapai Rp30 ribu.

Kebun Raya Bedugul terletak di daerah sejuk dengan ketinggian diperkirakan 1.550 meter di atas permukaan laut di Desa Candi Kuning , Kabupaten Tabanan, Bali.

Berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Denpasar, kebun daya yang didirikan pada 1959 itu memiliki luas total 157,5 hektare.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024