Batam (ANTARA News) - Serial film animasi televisi kisah kepahlawanan Saladin produksi Malaysia dan Qatar diperkenalkan dalam rangkaian Forum Televisi Asia di Singapura pada Rabu hingga Jumat ini.

Sebanyak 13 episode animasi kerja sama produksi Multimedia Development Corporation (MDeC) Malaysia dan Al Jazeera Children`s Channel (JCC) yang berpusat di Qatar itu diharapkan disiarkan di Asia Pasifik mulai kuartal keempat 2010.

Produksi film animasi tersebut dimulai pada 2008 di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan melibatkan seniman dari dua pihak yang berkolaborasi.

Setiap episode berdurasi 26 menit dan 13 episode berikutnya diharapkan dirilis pada pertengahan 2011, kata Oussama Rahal, humas JCC kepada Antara di Batam.

Animasi "Saladin: Pahlawan yang Melegenda" merupakan produksi patungan senilai 8 juta dolar AS dan ditujukan bagi pemirsa berusia 10-15 tahun.

Kisahnya dibalut dengan sajian tentang kepahlawanan, kejahatan, dendam, drama, komedi, eksotika lokal, keberanian dan sedikit romantisme.

Saladin, prajurit dan negarawan Islam yang masyhur terutama dalam Perang Salib pada abad ke-12 adalah nama sebutan Barat untuk Sultan Salahidun Yusuf atau Salah al-Din (1138-1192) yang dilahirkan di Tikrit, dekat Sungai Tigris, Irak. Ayahnya Ayub, tokoh kaum Kurdi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009