Jakarta, (ANTARA News) - Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 ribu polisi atau hampir setengah dari jumlah seluruhnya sebanyak 29 ribu polisi untuk mengamankan gerakan sosial untuk memperingati Hari Antikorupsi pada 9 September 2009 di Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Senin, mengatakan, personil itu yang akan disiagakan itu berasal dari Polsek, Polres dan Polda.

"Jumlah yang akan diterjunkan ke lapangan tergantung dengan kondisi yang ada namun kami telah menyiapkan separuh polisi yang ada," katanya.

Menurut dia, polisi telah siap mengamankan aksi memperingati Hari Antikorupsi itu kendati hingga kini belum ada pemberitahuan yang masuk ke Polda Metro Jaya.

"Secara tertulis, kami belum menerima pemberitahuan resmi namun secara lisan sudah ada. Sesuai dengan UU yang berlaku, penyampaian pendapatan umum harus memberitahukan ke polisi secara tertulis dengan menyebutkan jumlah, tempat dan penanggungjawab aksi," katanya.

Ia meminta agar masyarakat yang akan melakukan unjuk rasa untuk segera memberitahukan kepada polisi secara tertulis agar pengamanan acara berlangsung lebih mudah.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bidang Media dan Infokom, Bambang M Fajar, mengatakan HMI akan mematangkan rencana aksi damai anti korupsi pada 9 Desember 2009 dengan menggelar satu diskusi di Jakarta hari ini.

Sekjen Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Zaini Shofari menyatakan, PMII akan mengerahkan 233 cabang untuk menggelar aksi damai itu yang dipusatkan di Manado, Sulawesi Utara.

"Manado dipilih, karena bertepatan dengan penyelenggaraan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PMII, 9 hingga 13 Desember 2009," katanya.

Usai pembukaan Muspimnas itulah, kata Zaini, aktivis PMII sepakat turun berdemonstrasi, sebagaimana juga dilakukan berbagai elemen masyarakat di seluruh Tanah Air.

Sekjen DPP Ikatan Mahasiswa Muhamaddiyah, Ton Abdillah Has mengatakan, aksi damai oleh berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Bersih (GIB) akan digelar di silang Monas, Jakarta, 9 Desember 2009.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009