Kami diberi tahu oleh komunitas bahwa itu adalah sikap beracun (toxic) di permainan
Jakarta (ANTARA) - Produsen gim sepak bola EA Sports akan menghapus sejumlah bentuk selebrasi pada FIFA 21, setelah mendapatkan sejumlah keluhan dari para penggemar.

"Kami diberi tahu oleh komunitas bahwa itu adalah sikap beracun (toxic) di permainan, dan kami ingin memastikan untuk menghapusnya," kata kepala produser gim FIFA Sam Rivera seperti dikutip dari inverse.com.

Rivera menambahi bahwa dua jenis selebrasi yang positif dihapus adalah selebrasi meletakkan jari telunjuk di depan bibir, dan satu lagi adalah selebrasi ala Dele Alli, yakni membentuk lingkaran dengan telunjuk dan ibu jari kemudian diletakkan di depan mata.

Pada gim-gim FIFA edisi sebelumnya, rasa frustrasi dari seorang gamer kerap muncul saat lawannya berlebihan dalam melakukan selebrasi setelah mencetak gol.

Baca juga: EA Sports konfirmasi rilis FIFA 21 pada 9 Oktober

Selain perihal selebrasi, masalah lain yang kerap dikeluhkan para gamer adalah waktu yang terbuang saat layar permainan menayangkan koreografi, serta ketika bola keluar lapangan untuk kemudian menghasilkan lemparan ke dalam.

EA juga akan menghapus peluang gamer membuang-buang waktu saat seorang pemain mendapat kesempatan mengeksekusi bola-bola mati, seperti sepak mula, tendangan bebas, dan tendangan sudut.

Sebelumnya para pemain dapat memaksimalkan waktu yang ada sambil menunggu permainan dimulai kembali, itu merupakan taktik lain untuk membuat lawan merasa jengkel.

Baca juga: Liga Meksiko mainkan turnamen eSport untuk isi waktu kosong

"Apa yang benar-benar penting adalah kami mengurangi waktu yang Anda miliki untuk melakukan selebrasi. Kami menghapus "walk-back," maka setelah Anda mencetak gol, terdapat selebrasi, kemudian tayangan ulang, kemudian Anda melihat para pemain bergerak kembali ke titik sepak mula," tambahnya.

Sedangkan pada sisi permainan, EA memperbaiki sistem tekel pada FIFA 21. Pada gim edisi terbaru nanti, seorang pemain yang melakukan tekel akan lebih berpeluang mendapatkan bola seandainya ia menekel dengan tepat waktu.

FIFA 21 rencananya akan dirilis pada 6 Oktober 2020, untuk platform Playstation 5, XBox Series X, Playstation 4, XBox One, Nintendo Switch, dan Microsoft Windows.

Baca juga: Tertarik jadi atlet eSports? Ini tipsnya
Baca juga: Nimo TV catat pertumbuhan minat live streaming dan eSport

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020