Saham Australia dibuka "rebound," terkerek saham pertambangan

Saham Australia dibuka "rebound," terkerek saham pertambangan

Ilustrasi: Seorang investor duduk di depan papan indeks harga saham di Bursa Saham Australia (ASX) di Sydney, Ausralia (REUTERS/Steven Saphore )

Minyak mentah naik karena persediaan yang lebih rendah. Namun emas mencapai rekor tertinggi baru sedikit di bawah 2.045 dolar AS, menunjukkan beberapa investor tetap khawatir tentang prospek pertumbuhan
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia terangkat pada awal perdagangan pada Kamis pagi, dengan sektor sumber daya memimpin kenaikan dan sebagian besar sektor pulih dari kerugian hari-hari sebelumnya.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 44,60 poin atau 0,74 persen menjadi 6.045,90 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 45,90 poin atau 0,75 persen menjadi 6.181,80 poin.

“Kenaikan gelombang moneter telah mengangkat semua kapal di pasar. Dolar AS dan obligasi jatuh, serta saham Eropa dan AS naik, di tengah data aktivitas kontinental yang lebih baik dan optimisme bahwa AS akan segera meloloskan paket stimulus fiskal lainnya,” kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

“Minyak mentah naik karena persediaan yang lebih rendah. Namun emas mencapai rekor tertinggi baru sedikit di bawah 2.045 dolar AS, menunjukkan beberapa investor tetap khawatir tentang prospek pertumbuhan."

Baca juga: Harga minyak capai tertinggi 5 bulan, stok AS jatuh dan dolar melemah

Secara lokal, sektor material melonjak dengan penambang bijih besi memimpin kenaikan, sementara energi, industri dan kebutuhan konsumen juga menguat.

Sementara itu sektor keuangan, teknologi, dan komunikasi naik sekitar setengah persen, sementara industri dan layanan kesehatan tertekan dan kebutuhan pokok konsumen sedikit lebih rendah.

Di bidang keuangan, saham bank-bank besar menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,35 persen, National Australia Bank naik 0,53 persen, Westpac Bank naik 0,96 persen dan ANZ naik 0,97 persen.

Saham-saham pertambangan terangkat dengan Fortescue Metals naik 0,87 persen, BHP naik 3,70 persen, Rio Tinto naik 1,36 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,22 persen.

Baca juga: Wall Street melambung, Indeks Dow Jones melonjak 373,05 poin

Baca juga: Harga emas melonjak lagi 28,3 dolar, meroket ke rekor tertinggi baru


Saham produsen-produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search 2,69 persen, Santos naik 1,45 persen dan Woodside Petroleum naik 1,15 persen.

Saham supermarket terbesar di Australia melemah dengan Coles turun 0,80 persen dan Woolworths turun 0,20 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,15 persen, maskapai nasional Qantas melonjak 3,40 persen, dan perusahaan biomedis CSL turun 0,63 persen.

Baca juga: IHSG diperkirakan menguat sepanjang hari ini, ikuti bursa saham global

Baca juga: Dolar AS jatuh, dipicu naiknya selera investor pada aset berisiko

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar