Makassar terima perlengkapan APD dari Kawan Lama Foundation

Makassar terima perlengkapan APD dari Kawan Lama Foundation

Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin (kedua kanan) saat menerima bantuan perlengkapan APD dari Kawan Lama Foundation untuk percepatan penanganan COVID-19 di Makassar, Kamis (6/8/2020). ANTARA/HO/

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar menerima bantuan perlengkapan alat pelindung diri (APD) dari Kawan Lama Foundation (Ace Store) yang nantinya digunakan para petugas dalam menangani COVID-19.

Pejabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin di Makassar, Kamis, mengatakan bantuan yang diserahkan Kawan Lama Foundation ini sangat bermanfaat dalam membantu percepatan penanganan COVID-19 di Makassar.

"Kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini, apalagi anggota di lapangan masih terus berjibaku dalam melawan COVID-19 ini. Penjagaan di pintu masuk perbatasan kota Makassar juga masih berlangsung dalam mengawal Perwali Nomor 36 tentang percepatan pengendalian COVID-19," ujarnya.

Bantuan yang diterima Pemkot Makassar yakni berupa 5.000 masker medis, 75 liter cairan antiseptik (hand sanitizer), baju hazmat, pengukur suhu tubuh dan sarung tangan.

Baca juga: Wakapolda Sulsel bagikan APD di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar

Baca juga: Kodim 1408/BS Makassar serahkan bantuan 3.000 APD


Rudy Djamaluddin yang juga guru besar bidang konstruksi bangunan di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini mengatakan, kepekaan sosial dari masyarakat sangat penting dalam pengendalian COVID-19.

Dia menerangkan masyarakat di semua lapisan masyarakat bisa mengambil peran. Ia mencontohkan, Kawan Lama Foundation dengan kemampuannya memberikan sumbangan perlengkapan APD untuk membantu petugas dalam menangani COVID-19.

Sementara masyarakat umum, kata dia, bisa mengambil peran juga dengan memutus rantai penularan seperti mengikuti semua anjuran pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk tetap menjaga jarak aman (physical distancing), menggunakan masker saat keluar rumah dan sering mencuci tangan menggunakan sabun.

"Semua lapisan masyarakat bisa mengambil perannya masing-masing. Yang cukup dan mampu misalnya memberikan bantuan percepatan penanganan, masyarakat umum pun bisa dengan mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, Manajer Ace Store Perintis Kota Makassar Firman mengatakan, penyerahan donasi tersebut merupakan program Kawan Lama Foundation untuk 25 kota di Indonesia untuk membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19.

"Selain pemerintah kita juga sudah berikan bantuan ke rumah sakit dan panti asuhan yang tujuannya bersama-sama kita melawan COVID-19," katanya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut, Pemerintah Kota Makassar dan para petugas terbantu. Ia juga menambahkan, Ace Store sejak dari awal menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dalam operasi.

"Kita selalu melakukan kampanye protokol kesehatan COVID-19. Paling penting wajib masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan," ucapnya.*

Baca juga: Mentan bantu APD-sabun cair untuk IDI Makassar

Baca juga: IDI Makassar dapat bantuan APD dari toko pakaian tanah Abang Jakarta

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar