Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola berdarah Inggris, Elkan Baggott, bertekad kuat untuk menjadi bagian dari tim nasional U-19 Indonesia yang akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 pada Oktober 2020.

"Saya merasa bangga dan terhormat jika bisa mewakili tim nasional di beberapa kompetisi lalu memenangkan trofi," ujar Elkan dalam saluran Youtube resmi PSSI, PSSI TV, yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Elkan menjadi salah satu dari 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta, yang rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak 23 Juli 2020.

Pria berusia 17 tahun itu lahir dari seorang ibu berkewarganegaraan Indonesia, sementara ayahnya adalah orang Inggris. Saat ini, Elkan bermain untuk tim muda klub Inggris, Ipswich Town.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil Elkan Baggott karena postur

Pemanggilannya ke timnas Indonesia pada Juli 2020 menjadi yang pertama untuk Elkan. Dia mengaku senang dengan hal itu karena sebelumnya Elkan sudah berhasrat untuk membela Indonesia.

Indonesia bukanlah negara asing bagi Elkan karena dia memiliki banyak anggota keluarga yang tinggal di Jakarta.

"Saya mau membuat bangga Indonesia, termasuk orang tua saya," tutur dia.

Elkan pun mengumbar misinya di tim nasional U-19. Terdekat, dia mau menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam TC demi menyegel satu tempat di Piala Asia U-19 AFC 2020.

Kemudian, dia juga membidik satu posisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Saya berharap dapat memenangkan Piala AFC dan melakukan yang terbaik di Piala Dunia U-20," kata pemain berposisi bek tengah tersebut.

Baca juga: Shin Tae-yong sejalan dengan PSSI soal penundaan latihan timnas

Tim nasional senior dan U-19 Indonesia mengikuti TC yang rangkaian kegiatannya berlangsung mulai 23 Juli 2020 di Jakarta.

Namun, meski telah berkumpul sejak 23 Juli 2020, timnas baru akan berlatih di lapangan pada Jumat (7/8) sore di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Bagi timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Baca juga: Shin Tae-yong condong pilih TC di Korsel daripada Eropa
Baca juga: PSSI : Shin Tae-yong pilih semua pemain tim nasional

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020