Tokyo (ANTARA News) - Mantan pelatih tim nasional Jepang Philippe Troussier mendapat tawaran dari Korea Utara untuk menyiapkan tim negara tersebut menjelang putaran final Piala Dunia 2010, demikian laporan media, Kamis.

Pelatih asal Prancis itu, yang membawa Jepang ke 16 besar Piala Dunia 2002, mengatakan bahwa ia bersikap positif atas tawaran itu namun sementara ini "segala sesuatunya masih belum resmi", tulis harian Nikkan Sports.

"Mereka (Korut) telah menghubungi saya. Tapi saya belum dapat berkomentar karena belum ada finalisasi," kata Troussier.

Troussier yang kini sebagai manajer umum klub divisi tiga Jepang FC Ryukyu, semula dijadwalkan datang ke Korut Senin lalu. Namun kunjungan itu ditunda karena visa belum keluar.

"Saya terbuka atas tantangan dari negara-negara Asia," ujarnya."Selain itu, saya punya pengalaman di Asia. Saya dapat memanfaatkan pengalaman ini. Suatu perjalanan yang menyenangkan jika saya dapat ikut Piala Dunia 2010 sebagai seorang pelatih," ujarnya.

Korut, perempatfinalis Piala Dunia 1966, kembali lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di bawah asuhan pelatih saat ini Kim Jong-Hun.Mereka akan satu grup dengan Brazil, Portugal dan Pantai Gading.

Troussier pernah dijuluki "dukun kulit putih" karena kesuksesannya membina tim-tim Afrika. Di antaranya mengantar Burkina Faso ke semifinal Piala Afrika 1998.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009