Jayapura (ANTARA News) - Jenazah yang diduga Kelly Kwalik sekitar pukul 12.45 WIT dibawa dari RS Polri Bhayangkara Jayapura, menuju Bandara Sentani untuk diterbangkan ke Timika, kabupaten mimika, Papua, Jumat.

Dari Jayapura wartawan ANTARA News melaporkan, jenazah yang diduga Kelly Kwalik itu dibawa ambulans RS Bhayangkara dengan dikawal ketat aparat keamanan menuju Bandara Sentani.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol, Bekto Soeprapto, saat memberikan keterangan di RS Bhyayangkara, Jumat, mengatakan itu diterbangkan ke Timika untuk dimakamkan.

Ketika ditanya mengenai sosok jasad tersebut, Kapolda mengatakan dirinya yakinjasad itu adalah Kelly Kwalik.

"Berdasarkan penyidikan dan pengecekan, saya pribadi sudah yakin itu adalah Kelly Kwalik. Meski demikian kita tetap akan menunggu hasil test DNA dari tim forensik yang telah selesai dilakukan," kata Kapolda Papua.

Pemimpin tertinggi kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Wilayah Timika, Kelly Kwalik ditembak mati tim Detasemen Khusus 88 gabungan Mabes Polri dan Polda Papua di wilayah Gorong-Gorong, Rabu.

Kelly Kwalik tertembak di bagian pangkal paha kiri dan korban tidak dapat tertolong lantaran kehabisan darah. Polisi memastikan hanya satu butir peluru yang melukai Kely Kwalik, tokoh yang paling dicari-cari oleh aparat TNI dan Polri .

Jenazah yang diduga Kely Kwalik pada Rabu siang (16/12) diterbangkan dari Timika ke Jayapura dengan menggunakan pesawat Merpati Nusantara Airlines. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009