Cianjur (ANTARA News) - Dalam libur panjang pekan ini, jalur Puncak-Cianjur mulai padat, bahkan antrean panjang kendaraan sempat terlihat di beberapa titik rawan kemacetan.

Meningkatknya arus kendaraan yang melintas di kawasan itu, mulai terlihat sejak Jumat pagi hingga sore di mana ribuan kendaraan sudah antri sejak pertigaan Hanjawar, Cibodas dan depan Pasar Cipanas.

Sebagian besar kendaraan bernomor polisi Jakarta, dengan tujuan tempat wisata, hotel dan villa untuk menghabiskan libur panjang.

Untuk mengantisipasi macet, SatLantas Polres Cianjur akan menurunkan seluruh kekuatannya dan berkoordinasi dengan TNI, sampai libur Natal dan Tahun Baru 2010.

"Jauh hari Polres Cianjur, telah melakukan gelar pasukan pra Ops Lilin Lodaya 2009, dengan mengundang tokoh-tokoh agama, pengusaha, ormas, LSM, TNI, paparan tentang persiapan Pam hari-hari besar," kata Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Gatot S.

Ia menambahkan, polisi telah melakukan simulasi gelar mobil dinas, motor dinas dan cek kelangkapan kendaraan.

"Fungsi dan tugas dari kendaraan dinas ini nantinya akan memutus simpul kemacetan di masing-masing titik dan sebagai komando lapangan jika terjadinya kemacetan," terangnya.

Pantauan menjelang Jumat sore puluhan petugas dari Sat Lantas Polres Cianjur, telah disiagakan di beberapa titik rawan kemacetan, seperti Pertigaan Hanjawar, Cibodas dan Cipanas. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009