BGR Logistics luncurkan dua aplikasi pangan

BGR Logistics luncurkan dua aplikasi pangan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia, meluncurkan dua aplikasi pangan yaitu "Mitra Warung Pangan" dan "Warung Pangan" untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM. ANTARA/HO-BGR Logistics

dua aplikasi itu bertujuan untuk pemulihan perekonomian UMKM di Indonesia yang terdampak negatif pandemi COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia meluncurkan dua aplikasi pangan yaitu "Mitra Warung Pangan" dan "Warung Pangan" untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga yang digagas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Siaran pers BGR Logistics yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan dua aplikasi itu bertujuan untuk pemulihan perekonomian UMKM di Indonesia yang terdampak negatif pandemi COVID-19.

Acara dilangsungkan di Komplek Pergudangan BGR Logistics Divre DKI Jakarta, dihadiri oleh Deputi Bidang Produksi & Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM Victoria Br Simanungkalit, Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto, jajaran Direksi BGR Logistics, serta jajaran Direktur Utama BUMN Klaster Pangan, dengan tetap memperhatikan dan menerapkan standar protokol kesehatan.

Baca juga: BGR Logistics gandeng HARA Technology perkuat aplikasi pangan

Victoria Br Simanungkalit menyampaikan kehadiran aplikasi Warung Pangan dapat dijadikan sebagai solusi kemudahan berbelanja masyarakat di tengah pandemi ini.

Selain itu,  aplikasi berbasis online ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam membangun pola pikir digital di kalangan pelaku UMKM, untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam mengakselerasi roda perekonomian usahanya. Sehingga lebih banyak pelaku UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital.

Selain itu ke depan, Kemenkop UKM berharap dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah dan BUMN, diharapkan perusahaan BUMN dapat melibatkan pelaku usaha produsen, seperti petani, koperasi, maupun gabungan kelompok tani (gapoktan) dalam rantai pasok, sekaligus berperan sebagai offtaker. Dengan demikian penguatan dari sisi hulu ke hilir dapat dilakukan secara komprehensif.

"Melalui mekanisme seperti ini, kami berharap akan terbangun dampak luas di masyarakat, yang dapat memberikan daya ungkit bagi perekonomian nasional," katanya.

Baca juga: Harga pangan dunia meningkat pada Juli, memperpanjang lambungan

Imam Paryanto menyampaikan BUMN Klaster Pangan berkontribusi dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk penguatan ekosistem usaha, khususnya dengan petani/nelayan/petambak/peternak serta koperasi dan UKM.

BUMN KLaster Pangan, khususnya oleh BGR Logistics, melalui aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan dapat memperkuat nilai tambah, demand-supply chain dari end-to-end (dari petani/nelayan/peternak) kepada masyarakat melalui Warung Pangan (koperasi & UKM).

Aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan merupakan bentuk dari sistem rantai nilai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang mempermudah akses dan transaksi secara online dan akuntabel.

Direktur Utama BGR Logistics Kuncoro Wibowo mengatakan aplikasi “Mitra Warung Pangan” dan plikasi “Warung Pangan” yang digagas sejak April 2020 untuk mempermudah UMKM atau pemilik warung dalam mendapatkan stok bahan pangan dengan harga yang stabil.

Ketersediaan stok pangan untuk Mitra/Pemilik Warung dapat terus terjaga dan harganya stabil sehingga mereka dapat menjual bahan pangan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Dengan aplikasi ini, juga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga yang murah melalui handphone saja.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sebanyak 159.644 keluarga di Kalbar terima bantuan sosial beras

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar