Jakarta (ANTARA) - Ruangan berukuran kecil sebenarnya bukan masalah jika Anda ingin menatanya dengan gaya unik dan tidak membosankan. Perabot dan aksesoris rumah yang minimalis bisa membantu Anda mewujudkannya.

Ada tiga tips dari IKEA untuk menata ruang agar tampak lebih luas dan berkarakter mulai dari pemilihan cat dinding, penggunaan sekat dan perabot multifungsi.

1. Cat dinding warna cerah, pilih perabot warna berani dan motif unik
Ilustrasi (ANTARA/HO)


Salah satu trik untuk menghadirkan kesan agar ruangan terlihat lebih luas, mengecat dinding dengan warna cerah. Hindari warna gelap yang dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Pilih warna pastel yang dapat menciptakan suasana ceria, atau warna tegas seperti merah dan kuning yang dapat memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

Pastikan perabot yang dipilih cocok untuk melengkapi warna dinding yang cerah. Jangan ragu untuk memilih perabot dengan warna yang berani dan memiliki aksen unik.

Dengan begitu, ruangan kecil tidak akan terasa membosankan bahkan dapat memberikan statement yang unik. Aksesori bantal kursi bulat warna biru muda atau bantal kursi segitiga warna hitam/putih bisa menghidupkan ruang tamu mungil yang Anda miliki.

2. Gunakan sekat dan hindari penggunaan pintu
 
Ilustrasi (ANTARA/HO)


Ruangan kecil jika dibatasi pintu akan terasa lebih sempit. Pembagian ruang di tempat dengan luas yang terbatas disarankan untuk menggunakan sekat sebagai ganti pintu.

Perabot bisa menjadi cara tradisional memisahkan fungsi satu ruangan dengan lainnya. Penyekat ruang bisa menjadi pemisah antara dapur dan ruang tamu. Maksimalkan kegunaanya dengan menggantungkan pakaian favorit, yang juga dapat menambah karakter pada ruangan sederhana.

3. Gunakan perabot multifungsi untuk menghemat ruang
Ilustrasi (ANTARA/HO)


Penggunaan perabot dengan desain praktis menjadi kunci untuk membuat ruang sempit terasa lebih luas. Lupakan perabot besar yang memakan banyak ruang, melainkan pilih perabot dengan rangka sederhana dan memiliki punggung terbuka seperti rak.

Selain itu, pilihan perabot dengan fungsi lebih dari satu juga sangat diutamakan. Sarung kursi yang berbentuk hoodie dengan tulisan “ORIGINAL” misalnya dapat menyegarkan tampilan kursi yang monoton. Kantong tambahan di bagian lengan sarung juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan remote TV atau ponsel.

Belum lama ini, IKEA berkolaborasi dengan perancang mode Thailand, Greyhound Original mengembangkan koleksi terbatas SAMMANKOPPLA.
Perabot dan aksesoris rumah minimalis dalam koleksi ini diberi sentuhan street style melalui pola-pola berani yang terinspirasi oleh pemandangan kota Bangkok dan akan kepekaan mode grafis Greyhound Original.

“Kami memahami keinginan pelanggan dalam menonjolkan karakteristik mereka melalui dekorasi rumahnya. Akan tetapi, hal yang sering menjadi tantangan, ukuran rumah dan dana yang terbatas, di mana sering kita temui di kota-kota besar. Menanggapi tantangan ini, konsep multifungsi dan kreativitas dari Greyhound Original merupakan solusi untuk tempat tinggal berukuran kecil dan karya desain ekspresif," kata Creative leader di IKEA of Sweden, Michael Nikolic dalam siaran persnya, ditulis, Kamis.

Konsep Greyhound Official, bergaya sederhana namun dengan sentuhan kreatif. Di apartemen berukuran kecilpun, penghuni tetap bisa menghadirkan kesan luas dan nyaman melalui koleksi terbatas SAMMANKOPPLA.



Baca juga: Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Baca juga: Kiat bikin suasana rumah lebih glamor dengan nuansa emas

Baca juga: "Japandi" tren desain rumah saat ini

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020