Parepare, Sulsel (ANTARA News) - Jaringan internet di sebagian wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar), Senin, terputus akibat dilibas oleh Alat berat (eskavator) yang digunakan di proyek pelebaran jalan Makassar-Parepare.

Kabel optik milik PT Telkom yang berada di Desa Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dilibas hingga putus oleh satu eskavator sekitar pukul 10.00 wita.

Akibatnya, pengguna internet di wilayah Parepare dan sekitarnya tidak bisa mengakses jaringan internet. Selain Parepare, wilayah-wilayah yang tidak bisa terhubung dengan internet yakni Sidrap, Wajo, Soppeng, Bone, Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja, Pinrang, dan Sulawesi Barat.

Pengguna internet di Parepare, antara lain di Media Centre Humas Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Parepare dan sejumlah usaha warung internet (warnet), mulai mengeluhkan terputusnya koneksi internet Telkom tersebut.

Setelah dikonfirmasi ke pihak PT Telkom, diperoleh keterangan jika kabel optik mereka di kabupaten Barru terputus setelah dilibas eskavator.

"Kami sudah menghubungi pihak PT Telkom. Mereka membenarkan jika koneksi internet terputus karena kerusakan kabel mereka di Barru akibat pengerjaan pelebaran jalan," jelas Kepala Bagian Humas Pemda Parepare, Iwan Asaad, AP MSi.

Soegeng Widodo, Deputi GM PT Telkom Divre VII, tambah Iwan, berjanji memaksimalkan perbaikan atau melakukan penyambungan kabel secepatnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009