Medan (ANTARA News) - Trafik pesan singkat atau SMS Telkomsel akhir tahun ini diperkirakan sebesar 880- 925 juta SMS dan perusahaan itu sudah meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggannya.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, dalam keterangannya yang diterima ANTARA di Medan, Rabu, mengatakan, untuk periode Natal dan tahun baru 2010, Telkomsel telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya secara cukup dan signifikan dibanding tahun 2008.

Ketersediaan sinyal misalnya sangat memadai karena jaringan Telkomsel menjangkau seluruh kecamatan hingga pedesaaan, bahkan di jalur laut melalui 12 kapal PELNI yang telah dilengkapi BTS Pico via satelit VSAT IP.

Base Transceiver Station (BTS) yang jumlahnya sudah lebih dari 30.000 BTS dari 2008 yang masih 27.000 BTS dipastikan menambah bagusnya jaringan.

Kapasitas Short Message Service Center (SMSC) juga sudah meningkat atau sudah 80.000 SMS/detik dibandingkan 2008 yang masih 47.100 SMS/detik.

"Kapasitas layanan BlackBerry yang semakin diminati juga sudah menjadi 100 Mbps (Mega bit per second,red) dari sebelumnya hanya 10 Mbps di tahun 2008," katanya.

Dia menegaskan, semua elemen jaringan yang telah dipersiapkan tersebut setelah diperhitungkan secara matang berdasarkan berbagai data tren yang terjadi di tahun 2008 lalu, yang diakibatkan adanya pergerakan jumlah pelanggan dan perubahan trafik komunikasi khususnya yang terjadi saat kenaikan trafik pada malam tahun baru.

Manajemen, kata dia, juga mengimplementasikan teknologi Enhanced Full Rate (EFR) yang bisa meningkatkan kapasitas handling trafik komunikasi menjadi dua kali lipat, dimana didukung oleh teknologi Adaptive Multi Rate untuk menghadirkan Speech Quality Index pada teknologi EFR sehingga pelanggan akan mendapatkan jaminan kenyamanan kontinuitas komunikasi.

Adapun persentase Call Setup Success Rate untuk mengukur keberhasilan panggilan yang ditentukan oleh ketersediaan kanal suara yang dialokasikan adalah 95,41 persen, sementara Call Completion Success Rate yang digunakan untuk mengukur tingkat kesuksesan suatu hubungan sejak tersambung hingga salah satu pihak melakukan pemutusan, persentasenya sebesar 98,81 persen.

"Kapasitas SMS yang menjadi 80.000 SMS/detik itu sangat memadai dibandingkan SMS di hari normal yang dewasa ini trafik di hari normalnya yang sebesar 380 juta SMS/hari mencapai 380 juta SMS/hari," katanya.

Guna memastikan seluruh rangkaian penyiapan jaringan benar-benar berjalan sesuai rencana, Telkomsel telah menyiapkan tim khusus yang bertugas mulai H-7 hingga H+7.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009