Sepak Bola Nasional

Bima: timnas U-16 perlu perbaiki performa setelah menangi uji coba

Bima: timnas U-16 perlu perbaiki performa setelah menangi uji coba

Para pemain tim nasional U-16 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Kegiatan itu menjadi persiapan tim menuju Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. (ANTARA/HO/PSSI) (ANTARA/HO/PSSI)

Organisasi pertahanan juga seharusnya bisa lebih rapi
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa skuatnya perlu memperbaiki performa setelah memenangi laga uji coba kontra SSB POR UNI Bandung dengan skor 2-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (14/8).

"Pemain masih bermasalah di 'build up'. Organisasi pertahanan juga seharusnya bisa lebih rapi," ujar Bima, dikutip dari keterangan resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

Selain itu, pria berusia 44 tahun itu juga menyoroti ikatan batin (chemistry) para pemainnya.

"Di babak pertama, pemain kesulitan membentuk 'chemistry' meski di paruh kedua lebih baik," tutur Bima.

Baca juga: Bima beri waktu sepekan kepada 12 pemain baru unjuk kemampuan

Namun, walau mengkritik beberapa aspek, Bima menyisipkan apresiasi untuk para pemainnya yang telah berjuang di pertandingan persahabatan tersebut.

Hasil 2-0 dari laga kontra SSB POR UNI Bandung membuat timnas U-16 belum terkalahkan dari tiga laga uji coba di masa pandemi COVID-19.

"Saya pribadi tidak terlalu mementingkan hasil. Namun, saya menilai pemain mengalami peningkatan terutama dari sisi fisik," tutur Bima.

Baca juga: Bima nilai pemahaman taktik timnas U-16 perlu ditingkatkan

Terkait performa timnas U-16, Ahmad Athallah Araihan, salah satu pencetak gol kontra SSB POR UNI Bandung selain Mochammad Faizal Syaifullah, juga berharap dia dan rekan-rekannya bisa terus meningkatkan kemampuan.

"Kami mesti lebih percaya diri dan memperbaiki komunikasi. Ke depannya harus lebih baik lagi," tutur Athallah.

Pertandingan uji coba kontra SSB POR UNI Bandung menjadi bagian dari TC timnas U-16 yang berlangsung pada 9-30 Agustus 2020.

Baca juga: Timnas U-16 akan hadapi dua tim lokal dalam uji coba

Laga tersebut, termasuk semua kegiatan timnas U-16 selama TC, berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Tim lawan yang beruji coba dengan timnas mendapatkan tes cepat (rapid test) sebelum laga. Pertandingan bisa dilangsungkan hanya jika pemain lawan menunjukkan hasil nonreaktif. Tes cepat diwajibkan pula kepada perangkat pertandingan.

Adapun TC timnas U-16 dilakukan sebagai persiapan untuk bertanding di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Berikutnya, pada Jumat (21/8), timnas Indonesia akan beruji coba melawan tim Askot Bandung.

Baca juga: PSSI: Piala Asia U-16 dan U-19 masih sesuai jadwal
Baca juga: Pemain debutan timnas U-16 bertekad tampil di Piala Asia
Baca juga: Timnas U-16 kehilangan Ruy dan coret Krisna

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta pemain Timnas U-16 jaga gaya hidup

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar