Sanaa (ANTARA News/AFP) - Pesawat tempur Yaman menewaskan 34 orang yang diduga anggota Al Qaida, termasuk para pemimpin seniornya, dalam serangan menjelang fajar Kamis di sekitar satu wilayah pegunungan.

Ini adalah serangan semacam kedua yang dilakukan selama delapan hari, kata sumber-sumber keamanan.

"Serangan itu dilakukan pada saat puluhan anggota Al Qaida sedang melakukan pertemuan di Wadi Rafadh," di provinsi Shabwa, kata seorang sumber. Dia merujuk pada satu lokasi sekitar 650 kilometer di timur ibu kota Sanaa.

Kepala Al Qaida di Semenanjung Arab, Nasser al-Wahishi, dan wakilnya Saeed al-Saudi Shahrani, juga hadir dalam pertemuan itu, menurut sumber yang tak bersedia disebut namanya.

Dia menambahkan, bahwa `para anggota pemimpin kelompok itu, termasuk Saad al-Fathani dan Mohammed Ahmed Saleh al-Omir, di antara mereka yang tewas.`

Sumber itu tak bisa menjelaskan, apa yang terjadi pada Wahishi atau wakilnya, namun menyatakan bahwa Omir baru-baru ini tampil di satu rekaman video dalam pertemuan umum di provinsi selatan Abyan, yang kemudian ditayangkan oleh televisi Al-Jazeera.

"Saudi dan beberapa orang Iran yang berada di pertemuan Wadi Rafadh juga di antara mereka yang tewas," kata sumber, tanpa memberikan rincian lengkap.

Sumber keamanan kedua mengatakan kepada AFP, bahwa serangan itu dilancarkan setelah penduduk memberi tahukan petugas mengenai pertemuan itu.

Surat kabar kementerian pertahanan mengutip satu sumber di Dewan Keamanan Tinggi, mengatakan bahwa `lebih dari 30` anggota Al Qaida tewas dalam serangan Kamis itu.

"Pasukan keamanan akan terus mengejar para teroris ... dan menggagalkan rencana-rencana jahat mereka," kata surat kabar itu dalam laman Internetnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009