Padang (ANTARA) - Ribuan pesepeda dari berbagai komunitas dan Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut memeriahkan kegiatan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang, Sumatera Barat, yang ke-351 dan HUT RI ke-75.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Mursalim di Padang, Ahad, mengatakan Gowes Siti Nurbaya Adventure tahun ini diikuti sekitar 5.000 lebih peserta.

"Kegiatan ini merupakan yang keempat kalinya diadakan oleh Pemko Padang melalui Dispora," kata dia.

Pada kegiatan tersebut juga disediakan beragam hadiah seperti sepeda, mesin cuci, sepeda, kulkas, kipas angin, dan hadiah menarik lainnya.

Ia mengatakan hadiah tersebut berasal dari bantuan para donatur yang mendukung penuh kegiatan tersebut. Karena anggaran dari Dispora telah terpakai untuk penanganan COVID-19.

Baca juga: Padang jadikan "gowes" Siti Nurbaya persiapan TDS

Baca juga: 34 provinsi se-Indonesia ikut pawai alegoris di Padang Panjang


"Untuk rute kegiatan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020 terdiri atas rute panjang dan rute pendek," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk rute panjang yaitu untuk peserta yang sudah biasa ikut gowes, start dan finish di depan Kantor Dispora Kota Padang atau depan Kolam Renang Teratai Kompleks GOR H. Agus Salim Padang yaitu mulai dari Jalan Rasuna Said, menuju Jalan Raden Saleh, Jalan Juanda, Jalan Samudera, Jalan Nipah, Jembatan Siti Nurbaya, Jalan Kampung Batu, Jalan Siti Nurbaya, Simpang empat Air manis, dan seterusnya hingga ke finis.

"Sedangkan jalur pendek, yaitu khusus untuk pemula, orang tua, dan anak sekolah dengan jalur mulai dari start dan finis di depan Kantor Dispora Kota Padang atau depan Kolam Renang Teratai Kompleks GOR H. Agus Salim Padang, Jalan Rasuna Said, menunju Jalan Raden Saleh, Jalan Juanda, Jalan Samudera, Jembatan Siti Nurbaya," kata dia.

Lalu menuju Kampung Teleng belok kanan, Jembatan Kuning, Stasiun Pulau Air, Maxindo, kantor Kodim, simpang Grand Zury, Jalan Bagindo Aziz Chan, Jalan Jendral Sudirman, Rasuna Said, dan kembali lagi ke Kantor Dispora Kota Padang.

"Masyarakat sangat antusiasme mengikuti kegiatan ini, buktinya banyak yang mendaftar kegiatan ini sejak pendaftaran dibuka pada Juli lalu," kata dia.

Sehingga panitia terpaksa membatasi jumlah peserta hanya 5.000 orang saja karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, karena takut terjadinya penularan dan menimbulkan kluster baru.

"Pada tahun lalu bahkan peserta mencapai 10.000 orang," kata dia.

Kemudian kegiatan Gowes Siti Nurbaya sudah menjadi agenda tahunan kota Padang. Pada kegiatan tersebut juga milih rute Siti Nurbaya karena bertujuan untuk mengenalkan wisata setempat.

Ia juga mengatakan saat pelaksanaan gowes tersebut tetap menerapkan protokol Corona Virus Disaese (COVID-19) dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.*

Baca juga: Tiga BUMN rayakan HUT Kemerdekaan RI di Padang, ini CSR yang dilakukan

Baca juga: Penjual bendera raup omset Rp1 juta perhari

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020