Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John, berusaha naik ring untuk mempertahankan gelarnya pada April 2010 dan ia sekarang tengah mencari promotor.

"Saya ingin bertarung kembali April mendatang dan sekarang ini sedang mencari promotor untuk pertarungan mendatang," kata Chris John ketika dihubungi di Semarang, Selasa.

Menurut petinju dengan rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) tersebut, mengatakan, dirinya memang menginginkan pertarungan berikutnya bisa digelar di Indonesia sehingga harus mencari promotor terlebih dulu.

Ketika ditanya bahwa dirinya terikat kontrak dengan Golden Boy Promotions (GBP) yang dikelola mantan petinju dunia, Oscar de la Hoya, dia mengatakan, kontrak perjanjian dengan GBP ini hanya berlaku jika diirnya bertarung di Amerika Serikat seperti saat melawan petinju tuan rumah, Rocky Juarez, beberapa waktu lalu.

"Kalau saya bertarung di luar Amerika Serikat maka perjanjian itu tidak ada dan kami mencari promotor sendiri," kata suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati tersebut.

Menyinggung soal lawan yang akan dihadapi pada pertarungan mendatang, petinju yang mendapat gelar Super Champions dari WBA karena berhasil mempertahankan gelar sebanyak 10 kali berturut-turut tanpa putus tersebut, mengatakan, kalau soal lawan bukan sesuatu yang sulit karena yang terpenting saat ini adalah mencari promotor terlebih dulu.

"Saya kira kalau lawan bukan persoalan yang berat, yang terpenting saat ini adalah mencari promotornya terlebih dulu baru menentukan lawannya," kata ayah dua ortang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani).

Pertarungan terakhir yang dijalani petinju dengan julukan The Dragon adalah saat menang dengan angka mutlak atas petinju tuan rumah, Rocky Juarez yang berlangsung di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009.

Petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, ini sudah 12 kali mempertahankan gelarnya sejak merebutnya dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003. Dari 12 pertarungan mempertahankan gelarnya tersebut, lima di antaranya melalui tarung wajib atau "mandatory fight" yaitu melawan Kose Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Kemudian, tujuh kali melalui tarung pilihan atau "choice", yaitu melawan Osamu Sato dan Zaiki Takemoto (Jepang), Tommy Brouwn (Australia), Renant Acosta (Kolombia), Jose Cheo Rojas (Venezuela), dan dua kali melawan Rocky Juarez (Amerika Serikat).

Meskipun tidak sedang menghadapi pertarungan, Chris John terus menjaga kebugaran tubuhnya dengan tetap menjalani latihan. "Saya setiap pagi selalu melakukan jogging untuk menjaga kebugaran tubuh, sedangkan untuk latihan teknik belum fokus dan hanya sesekali saja," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009