Kami melihat adanya pergeseran perilaku belanja, salah satunya adanya lonjakan transaksi yang mengalami kenaikan di malam hari...
Jakarta (ANTARA) - Perubahan gaya hidup akibat pandemi COVID-19 turut mempengaruhi gaya belanja online masyarakat, termasuk waktu favorit dan barang-barang yang paling mereka cari.

Christin Djuarto, Director of Shopee Indonesia, menuturkan ada peningkatan transaksi di malam hari selama pandemi COVID-19.

"Kami melihat adanya pergeseran perilaku belanja, salah satunya adanya lonjakan transaksi yang mengalami kenaikan di malam hari dibanding hari biasa serta lonjakan traffic pada jam 8 malam selama pandemi," kata Christin dalam konferensi pers daring 9.9 Super Shopping Day, Selasa.

Baca juga: Penjualan sepeda di Shopee naik tiga kali lipat

Baca juga: Belanja online makanan kian populer di Shopee


Fenomena serupa terjadi selama periode Ramadhan tahun ini, di mana belanja online di jam tengah malam juga meningkat dari bulan biasanya.

Selain itu, ada juga pergeseran kategori barang yang kini laris manis di e-commerce. Pada awal pandemi, masyarakat banyak membeli kebutuhan pokok secara daring agar bisa berdiam diri di rumah.

"Kini, ada peningkatan tren untuk beberapa kategori diantaranya Kategori Olahraga & Outdoor yang menjadi salah satu yang paling diminati," lanjut dia.

Kategori olahraga dan outdoor meningkat dibandingkan periode awal pandemi di mana masyarakat mulai berdiam diri di rumah.

Shopee mengampanyekan 9.9 Super Shopping Day yang memberikan penawaran Late Night Sale Rp99 hingga gratis ongkos kirim.

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan RI, Lazada hadirkan festival belanja online

Baca juga: "Lifestyle experience" jadi kunci pertahankan bisnis online

Baca juga: Pembayaran digital semakin diminati di Shopee

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020