Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno beserta istri, Tuti Setiawati Sutrisno, ikut dalam rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menuju Jombang, Jawa Timur, untuk menghadiri upacara pemakaman mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur.

Pesawat kepresidenan milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang membawa rombongan Presiden Yudhoyono berangkat sekitar pukul 07.00 WIB dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, menuju Bandara Juanda Surabaya, yang dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Jombang.

Presiden Yudhoyono didampingi Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, yaitu Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkum HAM Patrialis Akbar, Mendagri Gamawan Fauzi, Menkes Endang Sedyaningsih, Menlu Marty Natalegawa, Menag Suryadharma Ali dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Ketua MPR RI Taufiq Kiemas telah melepas jenazah mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid untuk diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhirnya di sebelah utara pusara kakeknya, KH Hasyim Asy'ari, di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Upacara pelepasan berlangsung secara militer di kediaman Gus Dur di Jl Warung Sila No.30 Ciganjur, Jakarta Selatan. Tangis haru dan alunan tahlil ribuan orang mengiringi jenazah Gus Dur saat masuk ambulans untuk diberangkatkan ke Lanud Halim Perdanakusuma sekitar pukul 07.00 WIB.

Jenazah dijadwalkan diberangkatkan menuju Jombang, Jawa Timur, Kamis pagi ini menggunakan pesawat Hercules TNI AU C1341.

Turut dalam pesawat Hercules itu adalah keluarga inti Gus Dur, sedangkan satu Hercules lainnya akan membawa para pelayat. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009