Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa pasien sembuh dari virus corona di daerah itu bertambah menjadi 865 orang per 20 Agustus 2020.

Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal di Kendari, Kamis, mengatakan hari ini kasus sembuh di Sultra bertambah enam orang semuanya merupakan warga Kota Kendari.

"Hari ini kita ada penambahan kasus sembuh enam orang. Semua berasal dari Kendari," kata Rabiul.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 jadi 100.674

Meskipun demikian, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara ini juga menyampaikan bahwa hari ini Sultra masih ada penambahan kasus baru sebanyak 30 orang, sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 secara keseluruhan menjadi 1.277 orang.

"Kasus baru sendiri masing-masing dua orang dari (Kabupaten) Buton Utara dan Buton Tengja, kemudian tujuh dari (Kabupaten) Konawe, empat (Kota) Baubau dan 15 orang dari (Kota) Kendari)," tutur Rabiul.
 
Data kasus COVID-19 di Sultra per 20 Agustus 2020. (Sumber: Satgas COVID-19 Sultra) (ANTARA/Harianto)



Pria yang akrab disapa Dokter Wayong ini juga menyampaikan, bahwa kasus meninggal di daerah Sulawesi Tenggara tidak ada penambahan tetap sebanyak 18 orang. Dan pasien yang tengah menjalani perawatan isolasi maupun karantina sebanyak 394 orang.

Baca juga: 25 pasien COVID-19 di Papua Barat sembuh

Wayong mengimbau seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara agar selalu memproteksi diri dari COVID-19 dengan disiplin dan benar-benar menerapkan protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

"Kasus kita masih terus ada penambahan, ini menunjukkan bahwa penularan masih terjadi di tengah-tengah kita. Oleh karena itu, dalam menjalankan aktivitas produktif agar selalu menjaga diri, melindungi diri dengan menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan," pungkas Wayong.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020