Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Moh. Haris Kariming menyatakan dua orang, masong-masing dari Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini, Kamis.

"Hasil pemeriksaan sampel usap (swab), keduanya positif COVID-19 sehingga secara kumulatif 235 orang di Sulteng telah terinfeksi COVID-19 sampai saat ini," katanya di Palu, Kamis malam.

Pasien COVID-19 di Parigi Moutong itu kini menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anuntaloko dan pasien COVID-19 di Palu diisolasi di RSUD Anutapura.

Ia menyebut dari 235 orang itu, 197 orang dinyatakan telah sembuh, tujuh orang meninggal dunia dan 31 orang yang tersebar di sejumlah daerah di Sulteng menjalani isolasi secara mandiri maupun di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

Baca juga: MRI ACT Sulteng gelar peringatan HUT RI di wilayah terpencil Sigi

Baca juga: Bertambah empat orang, COVID-19 telah infeksi 227 orang di Sulteng


"Sementara itu 68 sampel usap dalam proses pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Sulteng," ujarnya.

Haris berharap kasus COVID-19 di Sulteng mengalami pengurangan dan seluruh pasien dapat sembuh seiring dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah di tingkat provinsi hingga kabupaten untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran virus tersebut.

Ia juga mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.*

Baca juga: Tidak ada penambahan kasus baru positif COVID-19 di Sulteng

Baca juga: Sulawesi Tengah nihil penambahan kasus baru positif COVID-19


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020