Serang (ANTARA News) - Dalam libur panjang Natal dan tahun baru, jumlah penumpang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, naik 100 persen dibanding pada hari-hari biasa.

Kepala Cabang PT ASDP Merak, Teja Suparna, saat dikonfirmasi di Serang Minggu mengatakan, jumlah penumpang yang menyeberang di Pelabuhan Merak mulai ramai sejak tanggal 23 Desember 2009 malam menjelang libur natal.

"Beberapa hari pada dua pekan ini terjadi lonjakan penumpang karena adanya libur natal, tahun baru dan libur sekolah," kata Teja Suparna.

Ia mengatakan, lonjakan penumpang terjadi mulai tanggal 23 Desember 2009 pekan lalu menjelang libur natal atau cuti bersama mulai 24 Desember 2009, kemudian tanggal 24, 25, 26 dan 27 Desember 2009 penumpang naik sekitar 100 persen dibanding hari biasa.

Setelah itu, pada pekan berikutnya memasuki libur sekolah dan tahun baru, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya juga naik dibanding hari biasa.

Teja mengatakan, rata-rata jumlah penumpang setiap hari pada masa libur mencapai 40 ribu orang. Jumlah tersebut naik hampir naik 100 persen dibanding penumpang pada hari biasa yang rata-rata hanya mencapai 18 hingga 20 ribu orang setiap hari.

"Kemungkinan hari ini juga padat karena hari terakhir masa liburan sekolah dan tahun baru, besok anak sekolah di Banten mulai masuk," katanya.

Selama hari libur natal, tahun baru dan libur sekolah, PT ASDP Merak mengoperasikan 18 kapal pada malam hari dan 20 unit kapal pada siang hari, dengan rata-rata 77 trip setiap hari.

Meskipun cuaca di sekitar wilayah Selat Sunda saat ini kurang begitu bagus, namun kondisi tersebut tidak sampai mengganggu pelayaran Merak-Bakauheni dan tidak mengganggu kapal saat bersandar.
*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010