Washington (ANTARA News/Reuters) - Seorang tamu ketiga yang tak diundang menghadiri acara makan malam kenegaraan di Gedung Putih untuk menghormati perdana menteri India, tapi tak ada bukti orang itu mengadakan kontak dengan presiden atau ibu negara, kata Dinas Rahasia, Senin.

Dalam kegagalan keamanan kedua pada acara 24 November, orang tersebut --yang tak diidentifikasi-- datang dari satu hotel di Washington, tempat delegasi India menginap dan tiba pada acara makan malam bersama kelompok tersebut, yang menjadi tanggung jawab Departemen Luar Negeri AS.

"Orang ini melewati semua langkah pengamanan yang diharuskan bersama dengan sisa delegasi resmi di hotel, dan naik bus/van bersama tamu delegasi dalam perjalanan ke Gedung Putih," kata Dinas Rahasia.

Juru Bicara Dinas Rahasia belum bisa dimintai komentar mengenai apakah orang itu telah mengadakan kontak dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh atau mendekati pemimpin asing yang sedang berkunjung tersebut.

Departemen Luar Negeri AS telah mengatur angkutan bagi kelompok pejabat eksekutif utama India dari hotel mereka ke acara makan malam atas permintaan Kedutaan Besar India, kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri yang tak ingin disebutkan jatidirnya.

Pejabat itu mengatakan ia tidak mengetahui identitas orang tersebut, yang menyelinap ke dalam kelompok pejabat tinggi dan ikut dibawa ke Gedung Putih.

Orang itu tak termasuk di dalam daftar tamu Gedung Putih. Orang tersebut tak melewati jalur penerima, tak seperti pasangan Virginia --Tareq dan Michaele Salahi, yang kehadiran mereka tanpa izin resmi dalam acara santap malam itu telah memicu pengkajian prosedur dan penyelidikan kriminal.

Selain berada dalam jarak dekat dengan Singh, pasangan Salahi tersebut juga berjabat tangan dengan Presiden Barack Obama.

Gedung Putih belum dapat mengomentari keterangan dari Dinas Rahasia iitu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010