Pertamina dan Pelindo kaji Kerjasama Pembangunan Kilang

     Jakarta, 6/1 (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) dan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) mengadakan penandatangan kesepakatan bersama. Penandatangan ini dilakukan oleh Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), Karen Agustiawan dan Direktur Utama PT. Pelabuhan Indonesia II, R.J Lino di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero).

     "Sebagai perusahaan yang sama-sama dimiliki oleh negara, sudah sepantasnya di antara sesama BUMN mampu bekerjasama lebih optimal sehingga dapat memberikan nilai tambah untuk BUMN tersebut secara khususnya dan Indonesia secara umumnya." ujar Karen dalam sambutannya pada pembukaan penandatangan kesepakatan bersama (5/1)

     Direktur Utama Pertamina juga mengemukakan bahwa masalah ketahanan energi nasional ke depan perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius sehingga sinergi antar BUMN sangat penting untuk mengatasi permasalahan supply chain energy nasional.

     Oleh karena itu, Pertamina dan Pelindo II juga sepakat untuk mengkaji lebih dalam terkait kerjasama pembangunan kilang minyak di Pelabuhan Bojanegara, pembangunan bunker BBM di Pelabuhan Tanjung Priok, kerjasama pemanduan dan penundaan kapal, serta rencana pengembangan terminal LPG di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo II.

     Melalui kerjasama yang akan diwujudkan nanti, Pertamina berharap dapat memberdayakan dan memberi nilai tambah atas asetnya yang besar dan kompleks, terutama yang dalam kondisi idle yang juga akan menguntungkan Pelindo II.

     Pertamina juga berkeinginan untuk memanfaatkan lebih dari lahan reklamasi sebelah utara breakwater timur Pelabuhan Tanjung Priok yang dimiliki Pelindo, untuk keperluan yang lebih besar bagi masyarakat, terkait penyediaan sumber energi Bahan Bakar Minyak dan Gas.

     Melalui kesepakan bersama tersebut, Pertamina dan Pelindo akan melakukan berbagai kajian terhadai potensi yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka pelaksanaan kerja sama meliputi kajian finansial, teknis, komersial, legalitas dan aspek lainnya. Rencana kerja sama meliputi :

     1. Kerja sama pembangunan kilang minyak di Pelabuhan Bojonegara,
     2. Pemanfaatan lahan reklamasi sebelah utara breakwater timur pelabuhan tanjung priok,
     3. Kerja sama pembangunan bunker BBM di Pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan-pelabuhan lain yang dikelola Pelindo,
     4. Kerja sama pemanfaatan lahan milik pertamina yang terletak di Marunda seluas 14 Ha,
     5. Kerja sama pemanduan dan penundaan kapal,
     6. Kerjasama pemanfaatan lahan beserta fasilitas pelabuhan milik Pertamina di Bagus Kuning, Palembang untuk pengembangan terminal peti kemas,
     7. Kerjasama pemanfaatan lahan beserta fasilitas pelabuhan yang dikelola Pelindo II untuk pembangunan terminal LPG,
     8. Kerja sama jual beli BBM dan pelumas,
     9. Kerjasama lain yang dipandang perlu oleh Pertamina maupun Pelindo II.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Basuki Trikora Putra, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Mobile Phone 08124306922, Email:Tiko_btp@pertamina.com

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar