Beijing,(ANTARA News) - China berhasil mencegat sebuah rudal di tengah penerbangan, kata media negara Selasa, dalam satu uji coba kemampuan pertahanan udara canggih di tengah ketegangan berkaitan dengan penjualan senjata Amerika Serikat ke Taiwan.

"China melakukan satu uji coba teknologi pencegatan rudal dari pangkalan darat di dalam wilayahnya. Uji coba yang dilakukan itu diharapkan tepat sasaran," kata kantor berita Xinhua, yang menjelaskan bahwa uji coba itu dilakukan Senin, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Uji coba ini adalah bersifat untuk pertahanan, dan tidak ditujukan kepada suatu negara," katanya menambahkan.

Berita itu muncul tak lama setelah seorang pejabat AS di Taipei mengatakan, Pentagon telah menyetujui penjualan peralatan rudal Patriot kepada Taiwan sebagai bagian dari paket yang disepakati oleh Kongres lebih dari setahun lalu.

Beijing, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan berikrar akan membawa pulau itu kembali dengan kekerasan bila perlu, telah berulangkali menyatakan protesnya terhadap penjualan senjata tersebut, dan mengimbau Washington untuk membatalkan kesepakatan itu.(*)

Pewarta: Ardianus
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010