Jakarta (ANTARA News) - Produk peralatan solusi jaringan internet, Bluelink mengeluarkan "wireless router" atau wi-fi seri N seharga Rp450 ribu per unit seiring dengan meningkatnya kebutuhan akses internet di Indonesia, demikian Manager Pemasaran Bluelink Teddy Risdianto dakan siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Teknologi wi-fi seri N membuat kecepatan transfer data semakin tinggi dan jangkauan semakin luas untuk mendukung pemakaian hotspot/wi-fi di berbagai area terutama di kafe dan warung internet yang semakin meluas, katanya.

Bluelink mengeluarkan BL-R33N yang memiliki kemampuan data tranfer mencapai 85-95Mbps.

Produk tersebut, kata dia, mempunyai jangkauan paling jauh dan data transfer paling cepat dibandingkan merek manapun dalam keadaan standard tanpa modifikasi.

Selain itu, produk tersebut merupakan wi-fi multifungsi karena dalam satu unit bisa menjadi "router", "access point" sekaligus "repeater" dalam unit yang sama, serta memiliki "plug" and "play."

"Pengguna tak perlu kesulitan melakukan konfigurasi. Cukup koneksikan sumber akses internet ke BL-R33N, nyalakan dan klik fasilitas wi-fi pada PC atau laptop, dan koneksi pun langsung tersambung," katanya.

Selain itu, kata dia, produk tersebut punya kemampuan "channel scanner," yang bisa mendeteksi kanal mana saja yang sudah digunakan oleh wi-fi lain di area itu. Dengan demikian, produk itu dapat mengambil kanal kosong guna mendapatkan hasil maksimal.

Produk tersebut juga disertai teknologi pengaman jaringan WPS (Wi-Fi Protected Setup) versi hardware, sementara merek lain Dlink, Linksys masih memakai WPS versi software.

Untuk memudahkan para pengguna dalam konfigurasi, Bluelink mengeluarkan buku petunjuk dalam bahasa Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010