Jakarta (ANTARA News) - Direktur Econit Rizal Ramli mengatakan, penanganan Bank Century tidak akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. "Banyak ekonom konservatif yang menakut-nakuti kalau Century ini akan pengaruh dengan ekonomi, ini hanya menakut-nakuti saja, tidak ada pengaruhnya terhadap sektor riil kita," katanya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, strategi menakut-nakuti itu biasa terjadi di Indonesia. Misalnya dulu ketika IMF masuk ke Indonesia saat krisis 1997/1998. Banyak kalangan ekonom konservatif yang memberikan bayangan buruk apabila tidak berhutang pada IMF.

"Hasilnya justru sebaliknya, karena kita mengikuti IMF, pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 13 persen, dan kita masih menanggung utang BLBI hingga sekarang. Jadi mereka sukanya menakut-nakuti saja," katanya.

Ia menjelaskan, perekonomian riil dari penanganan Century sampai tuntas, bahkan apabila terjadi perubahan kabinet tidak akan terpengaruh.

"Bahkan bila Boediono atau Sri Mulyani (menteri keuangan) digantipun tidak bermasalah perekonomian riil kita, mungkin memang berpengaruh di pasar saham, Indeks mungkin akan turun," katanya.

Menurut dia, penurunan indeks tersebut hanya akan bersifat sementara. Di satu sisi, indeks saat ini menurut dia sudah terlalu tinggi dan akan mengalami koreksi pada 2010.

"Indeks saat ini yang menembus 2.600 ketinggian, saya kira indeks akan terkoreksi menjadi sekitar 2.200-2.100. Mungkin bila Boediono dan Sri Mulyani turun indeks bisa turun lebih dalam menjadi 1.700, tapi inikan bisa di pasar, nanti akan naik lagi, karena begitu saham dinilai terlalu murah maka akan kembali di buru dan naik lagi," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010