Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) Raden Pardede mengatakan, kondisi ekonomi saat Bank Century diambil alih oleh Pemerintah menakutkan meski belum pada tahap kepanikan.

"Situasi saat itu menakutkan tapi belum panik," katanya saat memberi kesaksian di Panitia Hak Angket Century di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pihaknya menjaga agar jangan sampai kepanikan terjadi yang pada akhirnya menyeret ke dalam situasi krisis seperti pengalaman krisis ekonomi pada 1997/1998.

Ia mengatakan, data saat itu menunjukkan terjadinya gejolak sistem keuangan yang rawan terjadinya krisis. Menurut dia, bank sekecil Century dimungkinkan akan memicu terjadinya krisis bila tidak diambil alih.

Sementara itu, dirinya mengaku baru mengetahui masalah Bank Century pada 13 November saat dihubungi oleh Gubernur Bank Indonesia.

Saat itu, menurut dia, Gubernur Bank Indonesia memanggil dirinya selaku sekretaris KSSK untuk bertemu membicarakan hal itu meski masih dalam garis besar.

Sementara itu, Raden Pardede diperiksa oleh Panitia Hak Angket Century DPR hingga pukul 23.45 WIB. Raden diperiksa setelah sebelumnya Panitia Hak Angket Century juga menghadirkan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010