Makassar (ANTARA News) - Ketua Kwarda Pramuka Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pramuka adalah modal dasar daerah dan bangsa untuk pembentukan karakter bangsa.

Manusia Indonesia tidak cukup hanya cerdas saja atau menguasai teknologi, tapi juga harus memiliki karakter, katanya saat melantik Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pramuka Kabupaten Wajo, Sengkang di kawasan adat Attakae, Sabtu.

Nilai-nilai yang dipelajari di Pramuka seperti ketangguhan, kebersamaan, dan empati merupakan nilai yang harus dimiliki manusia Indonesia untuk melengkapi kecerdasan dan penguasaan teknologi.

"Yang memiliki nilai-nilai ini tidak mungkin menjadi teroris atau provokator tapi pasti menjadi perekat bangsa," ujarnya.

Ia mengharapkan, pramuka sebagai insan terdidik dan terlatih dapat memberikan kontribusi pada pembangunan negara.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pramuka Kabupaten Wajo, Sengkang yang juga Bupati Wajo H.A Burhanuddin Unru berjanji akan melakukan pembinaan dan menggelar program-program kepramukaan di wilayahnya bagi anggotanya yang berjumlah 28.581 anggota.

Ketua Kwarda Pramuka Sulsel sendiri berencana melantik 1000 anggota Pramuka Paripurna atau Pramuka Garuda di tingkat provinsi.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010