Solo (ANTARA News) - Komponis Gesang (92), pencipta lagu Bengawan Solo, Senin siang, membaik setelah menjalani operasi prostat. Gesang dioperasi pada Senin pagi sekitar pukul 06.00 WIB di RSU PKU Muhammadiyah, dan satu setengah jam kemudian kondisi komponis itu dinyatakan dalam keadaan sehat.

Sekretaris Daerah Kota Surakarta Boedi Soeharto, yang ditemui di RSU Muhammadiyah, mengatakan, semua biaya operasi yang dijalani Gesang ditanggung pemerintah kota setempat.

"Kondisi Pak Gesang sekarang sudah membaik. Tadi baru saja menjenguk. Doakan saja Pak Gesang bisa cepat sembuh dari sakitnya," kata Boedi Soeharto yang menjenguk bersama Kepala dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih.

Menurut Yani Effendi, keponakan Gesang, seniman itu ditangani dr Suharto Wijanarko, yang juga menangani ketika komponis itu dioperasi untuk penyakit yang sama pada 2005.

"Pak Walikota Ir Joko Widodo, Mingu (17/1), malam juga telah menjenguk," katanya.

Gesang, yang dilahirkan di Solo pada 1 Oktober 1917, masuk RSU PKU Muhammadiyah Jumat (16/1) malam setelah dia mengeluhkan rasa sakit ketika membuang air kecil. Ketika itu juga ada darah keluar bersama air seni Gesang.

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata prostat Gesang harus dioperasi. "Operasi sudah dilakukan tadi pagi dam kondisinya membaik mudah-mudahan bisa lekas sembuh lagi," kata Yani Effendi yang merawat dan menemani Gesang setiap hari di rumahnya di Solo.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010