Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi A Mallarangeng dan Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer AO membahas perkembangan kerjasama antara Indonesia dan Negeri Kanguru dalam bidang pemuda dan olahraga.

"Kerja sama Indonesia-Australia di bidang pemuda sudah dilakukan sejak 1982 dan pada 2010 akan dilakukan program pertukaran pemuda dari kedua negara," kata Andi usai menerima Bill Farmer di ruang kerjanya di Kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora) di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, program pertukaran pemuda itu dilakukan dengan menempatkan pemuda Indonesia di Desa Margareth River dan Kota Perth Australia masing-masing selama satu bulan sejak Oktober 2009.

Sedangkan pemuda Australia, katanya, ditempatkan di Desa Air Anyer dan Desa Matral Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung selama satu bulan dan kemudian dilanjutkan ke Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung selama satu bulan.

Menurut Andi, dalam pembicaraan dengan Bill Farmer dirinya juga membahas soal keikutsertaan pramuka Indonesia pada penyelenggaraan Jambore Internasional di Australia pada 4-14 Januari 2010.

Pada jambore itu, Indonesia mengirimkan kontingen Pramuka dari DKI Jakarta dan Jawa Barat sebanyak 62 orang.

Kemudian di bidang olahraga, kata dia, kerjasama antara Indonesia dan Australia sudah dilakukan sejak 1994 dan terus ditingkatkan baik kualitas dan kuantitasnya.

Dikatakannya, dalam peningkatan kerja sama ini Indonesia mendalami kerja sama engan Australia terutama di bidang sepakbola dan renang, baik secara kelembagaan maupun program pelatihan.

"Australia memiliki prestasi kelas dunia di bidang sepakbola dan renang dan Indonesia akan belajar dari Australia untuk meningkatkan prestasinya," kata Andi.

Andi juga mengatakan, mendukung jika Australia bisa masuk dalam zona Asia pada seleksi Piala Dunia. Hal ini untuk memicu prestasi Indonesia agar menjadi lebih baik.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer mengatakan, dirinya menyambut baik rencana Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang olahraga.

"Itu adalah langkah bagus, saya mendukungnya," kata Bill.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010