Pertamina jamin pasokan BBM aman di tengah pandemi COVID-19

Pertamina jamin pasokan BBM aman di tengah pandemi COVID-19

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang energi minyak dan gas Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, menyapa pelanggan setia produk Pertamina dengan memberikan paket siaga COVID-19, di wilayah Kalimantan Selatan. ANTARA/HO-Humas Pertamina

Seluruh produk tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap membeli BBM sesuai dengan konsumsi harian
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) terus konsisten menjamin ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) sampai ke seluruh pelosok negeri di tengah masih merebaknya pandemi COVID-19 dalam kondisi aman.

Sejak pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan memasuki era Adaptasi Kehidupan Normal (AKB), konsumsi BBM sektor retail terus mengalami peningkatan hingga mencapai 122 ribu kilo liter per hari atau 7 persen di bawah rata-rata konsumsi normal sebelum pandemi.

VP Corporate Communication Fajriyah Usman dalam informasi tertulis di Jakarta, Jumat, menjelaskan Pertamina menjamin stok dalam kondisi aman dan berkomitmen penuh memastikan penyaluran seluruh jenis BBM berjalan lancar, termasuk jenis premium dan pertalite.

Menurut dia, saat ini ketahanan stok BBM nasional berada di kisaran level 26 hari.

“Seluruh produk tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap membeli BBM sesuai dengan konsumsi harian,” katanya.

Fajriyah menambahkan, tercatat sejak pelonggaran PSBB pada awal Juni lalu, konsumsi BBM terus mengalami peningkatan.

Pada masa PSBB, konsumsi BBM nasional turun sekitar 25 persen, bahkan penurunan di beberapa daerah mencapai 50 persen. Namun, kini konsumsi terus merangkak naik mendekati kondisi penyaluran normal.

Disinggung tentang rencana penghapusan BBM jenis premium, Fajriyah menegaskan bahwa Pertamina tetap komitmen melaksanakan penugasan dari pemerintah untuk menyalurkan premium berdasarkan Peraturan Presiden No 43 Tahun 2018.

“Berdasarkan penugasan dari pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan premium di Indonesia dan menjangkau wilayah 3T dalam program BBM Satu Harga,” kata Fajriyah.


Baca juga: Pertamina akan hapus Premium dan Pertalite? Ini penjelasannya

Baca juga: Pertamina diskon harga pertalite

Baca juga: Penjualan BBM turun hingga 26 persen sebabkan Pertamina merugi

Baca juga: Pertamina rugi, pengamat: Seharusnya penjualan BBM meningkat pesat

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pertamina bentuk Kampung Siaga COVID-19 di Wayame Ambon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar